Digital

Sumber Pendapatan Baru Kreator, YouTube Luncurkan Super Thanks

Sumber: 123RF

Beberapa waktu lalu, YouTube meluncurkan fitur baru yang bernama Super Thanks. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan dukungan berupa uang kepada content creator favorit mereka.

Pengguna dapat memberikan tip kepada creator dengan memilih salah satu dari empat opsi, antara US$ 2 hingga US$ 50. Setelah pengguna memilih salah satu opsi, mereka akan melihat animasi perayaan di layar, beserta nama mereka yang akan muncul di bawah video, tepatnya di bagian komentar.

Sampai saat ini, YouTube sedang merencanakan untuk meningkatkan fitur Super Thanks agar lebih fleksibel digunakan oleh pengguna YouTube dalam memberikan dukungan kepada kreator favorit mereka. Dilansir dari The Verge, Barbara Macdonald, Product Manager of Paid Digital Goods Youtube mengatakan bahwa sebelumnya, fitur ini hanya memiliki satu opsi harga yang dapat dipilih oleh pengguna saat fase pengujian, namun saat diluncurkan, pengguna memiliki empat opsi.

‚ÄúSelama fase pengujian sebelumnya, awalnya hanya ada satu opsi harga, tetapi pembuat konten memberi tahu perusahaan bahwa pemirsa menginginkan lebih banyak pilihan saat menunjukkan dukungan mereka untuk saluran yang mereka sukai. Selain itu, kami juga sedang merencanakan agar pengguna dapat memasukkan tip manual dengan jumlah yang mereka inginkan,” jelas Macdonald.

Dilansir dari The Verge, Selain fitur Super Thanks, YouTube juga menawarkan langganan bulanan. Fitur lainnya yaitu Super Stickers dan Super Chat, memiliki fungsi hampir sama dengan Super Thanks. Berbeda dengan Super Thanks yang dapat digunakan di semua video kreator yang memenuhi syarat, Super Stickers dan Super Chat hanya berfungsi saat kreator melakukan livestream.

YouTube membayar kreator dengan pendapatan iklan yang ditayangkan di video mereka. Namun demikian, pendapatan tersebut tidak selalu dapat diandalkan. Oleh karena itu, fitur Super Thanks memberikan opsi kepada pembuat konten untuk mendapatkan bayaran langsung dari subscriber mereka. Hal ini memungkinkan kreator mendapatkan pendapatan cadangan, sehingga mereka tidak sepenuhnya bergantung pada iklan.

Untuk saat ini, fitur Super Thanks tersedia dalam versi beta di 68 negara dan bisa digunakan baik pengguna di desktop, Android, maupun iOS. Kreator harus menjadi bagian dari Program Partner YouTube untuk mendapatkan akses ke fitur Super Thanks.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top