Survei Membuktikan Perempuan Lebih Loyal Terhadap Satu E-commerce

profile photo reporter Tri Kurnia Yunianto
TriKurnia Yunianto
06 Juli 2022
marketeers article
Survei Kredivo (Sumber: Kredivo)
Perusahaan rintisan (startup) financial technology (fintech), Kredivo meluncurkan hasil riset terbaru mengenai tren belanja menggunakan e-commerce. Dalam laporan yang berkolaborasi dengan Katadata Insight Center ini menunjukkan sepanjang tahun 2021 perempuan lebih loyal menggunakan satu platform e-commerce dibandingkan laki-laki.
Indina Andamari, VP Marketing & Communications Kredivo mengatakan, berdasarkan hasil survei sebanyak 57% konsumen perempuan cenderung memilih untuk berbelanja melalui satu platform e-commerce. Sedangkan konsumen laki-laki cenderung berimbang atau lebih dari satu dalam memilih platform e-commerce.
Survei tersebut memanfaatkan data primer dengan 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo di lima e-commerce terbesar di Indonesia selama tahun 2021. “Selain lebih loyal terhadap satu e-commerce, konsumen perempuan selama tahun 2021 membeli lebih banyak produk melalui e-commerce, dengan rata-rata pembelian 45 produk. Bila dibandingkan dengan konsumen laki-laki yang hanya membeli rata-rata 42 produk per tahun,” ujar Indina melalui keterangannya, Rabu (6/7/2022).
Menurutnya, temuan menarik lain dalam survei tersebut di antaranya saat melakukan transaksi, konsumen laki-laki mengeluarkan uang dengan jumlah yang lebih besar daripada konsumen perempuan. Rata-rata jumlah uang yang dikeluarkan oleh konsumen laki-laki berada pada Rp 320.982 dan rata-rata konsumen perempuan di angka Rp 289.163.
Kemudian, berdasarkan preferensinya, konsumen laki-laki melakukan transaksi hampir dua kali lebih banyak untuk kategori otomotif dan elektronik. Sementara perempuan lebih banyak untuk kebutuhan makanan, kesehatan dan kecantikan, serta fesyen.
“Untuk konsumen laki-laki kategori produk pulsa dan voucer menduduki posisi pertama, diikuti oleh fesyen dan aksesorinya, dilanjutkan oleh kesehatan dan kecantikan. Sedangkan untuk konsumen perempuan, produk fesyen dan aksesoris berada di posisi pertama, kemudian produk pulsa dan voucer, serta produk kesehatan dan kecantikan,” ujarnya.
Indina menambahkan, survei tersebut juga menggambarkan perilaku pengeluaran uang yang dilakukan konsumen perempuan lebih besar untuk katagori produk komputer dan gadget. Konsumen perempuan menghabiskan sekitar Rp 2,8 juta untuk kategori produk komputer, gadget dan aksesorinya. Sedangkan konsumen laki-laki menghabiskan sekitar Rp 2,1 juta untuk kategori produk yang sama.
“Hal ini menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 telah memicu adanya investasi dari konsumen perempuan akan produk-produk yang mendukung produktivitas di rumah,” pungkasnya.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related