Automotive

Tahun 2022, Piaggio Indonesia Bertekad Lanjutkan Premiumisasi Pasar Skutik

Piaggio Indonesia Vespa GTS 150cc dan 300cc
Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, berpose dengan produk Vespa GTS 150 dan GTS 300 (FOTO: Piaggio Indonesia)

PT Piaggio Indonesia mengaku masih tetap konsisten mengaplikasikan strategi premiumisasi untuk pasar motor skuter matik (skutik) di Indonesia pada tahun 2022. Beberapa langkah pemasaran yang mereka lakukan, antara lain memperluas jangkauan diler resmi, ketersediaan suku cadang, dan menyuguhkan pengalaman layanan purna jual bagi pelanggan.

Agen pemegang merek (APM) skutik merek Vespa dan Piaggio di Indonesia ini juga komitmen menyediakan layanan optimal bagi pelanggan. Jadi, tidak hanya sebatas menjanjikan  performa kendaraan atau sensasi pengendara ketika menggeber skutik keluaran jenama asal Italia itu di jalan raya.

“Kami ingin terus hadir bagi pelanggan ketika mereka membutuhkan layanan purna jual mulai dari perawatan, perbaikan, juga penggantian suku cadang. Termasuk, saat mereka melakukan perjalanan berkendara di luar kota, bukan hanya di Jakarta,” ujar Ayu Hapsari, PR and Communication Manager PT Piaggio Indonesia saat ditemui akhir pekan lalu.

Ayu menyebut Piaggio Indonesia mengupayakan pengalaman pelanggan ketika mengunjungi diler atau bengkel resmi Vespa di sejumlah daerah  tidak jauh berbeda dengan di Jakarta. Sehingga, pelanggan bisa merasa nyaman dan yakin ketika mendapatkan layanan purna jual di diler yang terletak di luar wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ayu menyebut, tahun depan PT Piaggio Indonesia mempunyai rencana untuk menambah jaringan penjualan dan layanan mereka. Namun, dirinya enggan mengungkap lebih jauh lokasi dan jumlah diler baru yang akan mereka buka pada 2022 nanti.

Mengutip data dari laman resmi PT Piaggio Indonesia, terdapat 45 diler atau fasilitas layanan penjualan skutik merek Vespa di seluruh Indonesia saat ini. Sebanyak 18 dari 45 diler tersebut berada di kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat, sedangkan fasilitas penjualan di luar jawa mencapai 12 buah yang mayoritas terletak di Bali.

PT Piaggio Indonesia telah beroperasi di Tanah Air sejak 2011 dan membawahi empat jenama kendaraan roda dua yakni Piaggio, Vespa, Moto Guzzi, dan Aprilia. Dua merek terakhir menawarkan lini produk yang kebanyakan berisi motor sport.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

The Latest

To Top