Tak Cuma Bertukar Cokelat, Ini Tradisi Unik Valentine yang Bisa Jadi Inspirasi

marketeers article
Ilustrasi tradisi unik selain bertukar cokelat di Hari Valentine (Foto: 123rf)

Hari Valentine yang diperingati setiap 14 Februari sering kali identik dengan bertukar cokelat dan bunga. Namun ternyata, sejumlah negara di dunia memiliki tradisi unik dalam merayakan hari kasih sayang tersebut.

Di sejumlah penjuru dunia, Valentine tidak cuma dimeriahkan dengan memberi cokelat ataupun bunga kepada pasangan. Mereka punya cara yang unik lagi tak biasa, namun tetap bermakna romantis.

Bagi Anda yang ingin memberi hadiah anti-mainstream untuk orang terkasih, tradisi unik dari berbagai negara ini bisa menjadi inspirasi. Merangkum berbagai sumber, berikut hadiah selain cokelat khas berbagai negara:

Memberi Simbol Babi

Jerman menjadi salah satu negara yang punya cara unik dalam merayakan hari kasih sayang. Alih-alih memberi cokelat berbentuk hati, masyarakat di sana menghadiahkan barang dengan simbol babi kepada pasangan.

Bukan tanpa alasan, babi dianggap sebagai simbol pemberi keberuntungan dan gairah. Hadiah yang diberikan pasangan di Jerman bisa berupa cokelat dengan bentuk babi maupun pajangan babi.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Kado Valentine, Anti Mainstream, Unik, dan Romantis!

Bertukar Kartu Lelucon untuk Sesama Jomlo

Di Denmark, hari kasih sayang tidak hanya dirayakan oleh mereka yang punya pasangan, tetapi juga para jomlo. Mereka punya cara unik dalam merayakan Valentine, yakni dengan bertukar ‘kartu kekasih’ pada teman atau keluarga.

Kartu kekasih tersebut umumnya berisi lelucon ungkapan perasaan menyentuh hingga hal-hal lucu. Beberapa orang bahkan mengirim surat lelucon tanpa nama dan tanda tangannya hanya ditulis menggunakan titik yang disebut “gaekkebrev.” 

Gaekkebrev umumnya menampilkan potongan kertas rumit berisi puisi atau pesan pendek. Penerima surat gaekkebrev harus menebak identitas pengirimnya lalu membalasnya dengan telur pada Hari Paskah.

Memasak Nasi Warna-warni

Kaum hawa di Cina punya cara yang unik dalam membalas pernyataan cinta para lelaki di Hari Valentine. Mereka bakal memasak berbagai macam nasi berwarna-warni yang dibungkus sutra, untuk selanjutnya diberikan kepada para pelamar yang bernyanyi.

BACA JUGA: 5 Hadiah Valentine Romantis untuk Pasangan, Tak Harus Selalu Bunga!

Nasi tersebut sejatinya adalah simbol dari jawaban atas nasib hubungan pasangan kekasih di Cina. Manakala ada dua sumpit, artinya cinta, sementara bila di dalamnya terdapat satu siung bawang putih, berarti hubungan mereka harus berakhir atau justru cinta si lelaki ditolak.

Bangun Tidur sebelum Fajar

Lain halnya dengan para gadis di Italia, yang tidak menyiapkan hadiah untuk kekasihnya. Salah satu tradisi unik ini mengharuskan mereka bangun sebelum fajar, dengan keyakinan bahwa mereka akan menikah dengan lelaki yang pertama kali dilihatnya saat membuka mata.

Meski begitu, bukan berarti kawula muda di Italia tidak bertukar hadiah sama sekali. Mereka juga punya tradisi yang disebut Baci Perugina, yang mana memberikan hazelnut kecil berlapis cokelat yang dibungkus kutipan romantis dalam empat bahasa. 

Itulah sejumlah tradisi Valentine unik di sejumlah negara. Tertarik meniru salah satunya? 

Editor: Ranto Rajagukguk

Related