Digital

Tak Mau Kalah dari e-Commerce, Instagram Hadirkan Fitur Shopping

Photo Credits: Instagram

Kehadiran e-Commerce tak serta merta menggeser eksistensi social commerce. Media sosial kini tak lagi sekadar dijadikan sebagai alat pemasaran, melainkan juga penjualan.

Berbagai media sosial, seperti Instagram mulai meningkatkan pengalaman pengguna untuk dapat melakukan pembelian langsung dari platform mereka. Baru-baru ini, Instagram meluncurkan fitur Shopping secara perlahan.

Untuk menggunakan fitur Shopping, pelaku bisnis harus lebih dulu membuat toko melalui Commerce Manager. Setelah itu, pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping. Jika permohonan telah disetujui, pelaku bisnis pun dapat mengaktifkan fitur Shopping.

Secara global, Indonesia terus menempati posisi lima besar negara dengan jumlah profil bisnis terbanyak di Instagram. Tak heran, jika Instagram memilih untuk meluncurkan fitur Shopping untuk semua akun bisnis dan kreator di Indonesia. Namun, peluncuran fitur ini akan dilakukan secara bertahap.

“Fitur Shopping yang diluncurkan secara bertahap mulai hari ini adalah kelanjutan dari komitmen kami dalam membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan kreator di Indonesia untuk terus naik kelas, baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar Pieter Lydian, Country Director Facebook Indonesia di Jakarta, Selasa (06/10/2020).

Photo Credits: Instagram

Fitur Shopping ini juga tersedia di IGTV untuk memberikan lebih banyak cara bagi pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten yang menarik untuk menjual produk-produk mereka.

Kegiatan jual-beli memang telah menjadi salah satu aktivitas penting bagi pengguna di Instagram. Data internal Instagram pada 2019 menunjukkan, 90% pengguna setidaknya mengikuti satu akun bisnis di Instagram.

Pengguna menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi dan mengeksplor minat mereka terhadap sebuah produk dari akun bisnis, dan bahkan dari akun figur publik atau kreator favorit mereka. Unggahan konten kreator dapat mendorong pengguna untuk menghubungi, bahkan berbelanja produk dari bisnis-bisnis yang ditampilkan dalam unggahan para kreator.

Lizzie Parra, Founder dan CMO BLP Beauty menilai, “kami turut merasa senang dengan kehadiran fitur Shopping di Indonesia. Bagi BLP Beauty, fitur ini sangat mendukung bisnis kami terutama di tengah masa-masa pandemi saat ini yang menuntut kita sebagai pelaku bisnis untuk lebih memaksimalkan dan bertumpu pada platform online.”

MARKETEERS X








To Top