Consumer Goods

Taktik Air Mancur Kampanyekan Jamu ke Generasi Milenial

Foto: Air Mancur

Jamu sebagai minuman herbal menjadi salah satu warisan budaya di Tanah Air yang masih eksis hingga kini. Pada tahun 2008, Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pun menetapkan 27 Juni sebagai hari jamu nasional. Namun kenyataannya, Hari Jamu Nasional yang telah berlangsung selama 13 tahun ini belum bisa menaikkan pamor jamu di kalangan usia muda.

Berangkat dari hal tersebut, Air Mancur sebagai produsen jamu di Indonesia menggelar kegiatan digital bertema ‘Saatnya Jamu Kembali Jaya’. Air Mancur juga berkolaborasi dengan beberapa depot jamu, pedagang jamu keliling, hingga cafe jamu di Jakarta dengan tujuan meningkatkan awareness dan ajakan untuk mengkonsumsi jamu khususnya di kalangan anak muda.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Air Mancur dalam rangka perayaan Hari Jamu Nasional 2021 mengutamakan pengenalan jamu, baik dari segi manfaat untuk kesehatan hingga jamu sebagai peluang usaha,” papar Marketing Manager Air Mancur Damayanti.

Selain kegiatan tersebut, Air Mancur juga meriahkan hari jamu nasional dengan menggandeng selebriti muda Karen Nijsen. Karena terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan seperti talkshow, workshop, hingga challenge menarik lewat Instagram. 

“Kegiatan dimulai dari talkshow dan workshop melalui kanal Live Instagram bersama Café Jamune. Acara ini mengambil tema Meracik Jamu Modern ala Café.  Lalu kami gelar kontes Instagram #MbokJamuAirMancurChallenge. Kontes Instagram ini mengajak milenial untuk membuat konten video cosplay menjadi penjual jamu,” tambah Damayanti.

Dengan cara-cara ini, diharapkan generasi milenial yang meramaikan kanal Instagram dapat semakin dekat dengan jamu. Upaya branding juga tidak terelakkan untuk Air Mancur dan jajaran produknya, khususnya di segmen generasi milenial. 

MARKETEERS X








To Top