Consumer Goods

Taktik Fres & Natural Dessert Collection Bidik Pasar Gaya Hidup Gen Z

Foto: Fres & Natural - Dessert Collections

Generasi Z  merupakan generasi yang cenderung memiliki kepribadian lebih ekspresif terhadap penampilan mereka. Sekitar 71% generasi Z sudah memiliki rasa percaya diri yang tinggi, namun kepercayaan diri itu perlu terus tumbuh dan dipertahankan. Melihat kecenderungan ini, Wings Group Indonesia sebagai perusahaan FMCG melalui produk Fres & Natural mendekatkan diri ke segmen Gen Z untuk menjajakan produk baru mereka.

Bertajuk Fres & Natural Dessert Collection, perusahaan membidik dan mengajak para generasi Z untuk tampil percaya diri dengan apa adanya. Berkolaborasi dengan Colette Lola, Fres & Natural menghadirkan spray cologne dan body wash yang memiliki dua varian, yakni Berry Macaron dan Pink Cupcakes. Sesuai dengan namanya, varian ini ternspirasi dari makanan penutup macaron dan cupcakes.

Di sisi lain, produk ini juga merupakan produk hasil riset. Menggandeng GADIS, perusahaan melakukan survei terhadap 1.717 responden pada April 2021 dengan mengusung tema perilaku generasi Z terhadap sosial media. Survei mengatakan, para generasi Z yang merupakan target market Fres Natural berani untuk mengekspresikan dan berpendapat atas pandangan yang mereka yakini serta tertarik akan autentisitas.

Di sisi lain, para Gen Z menyukai konten seputar beauty sekitar 81% dan bahasan soal food and beverage sekitar 78%. Persentase inilah yang menjadi faktor terciptanya Dessert Collection sebagai koleksi edisi terbatas guna mengikuti perilaku generasi Z.

“Produk ini hanya tersedia dalam periode dua bulan. Dari 25 Juni hingga 25 Agustus 2021. Produk Dessert Collection hanya bisa didapatkan di semua gerai Colette Lola dan aplikasi Wings Group,” ujar Merry Christanty, Brand Manager Fres & Natural.

Generasi pencari identitas

Generasi Z sedang melewati masa pencarian identitas dan menuntut atas penerimaan sosial. Hal ini dikemukakan oleh Tara de Thouars, seorang Psikolog Klinis. Menurutnya, karakter yang bisa diterima salah satunya dengan kepercayaan diri. “Memiliki rasa percaya diri bisa membuat seseorang lebih positif, aktif dan inovatif. Salah satu caranya dengan tubuh yang wangi bisa menjadi dukungan dari dalam menumbuhkan rasa percaya dir,” ungkap Tara.

Sebab itu pula, strategi Fres & Natural banyak melibatkan beauty influencer untuk pendekatan yang santai dalam setiap kampanyenya. Begitu pula pada kampanye yang bertajuk This is Me yang kali ini mengajak beauty influencer Janine Intansari. Janine dianggap relevan dengan Gen Z dengan karakternya yang dikenal dengan rambut dan alis berwarna-warni dan mampu menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top