Tanam 10.000 Mangrove, PLN Komitmen Jaga Kelestarian Lingkungan

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
20 Juni 2022
marketeers article
PLN Tanam 10.000 Mangrove (Foto: PLN)
PT PLN (Persero) turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama mengatasi abrasi. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), sebanyak 10.000 bibit pohon Mangrove akan ditanam oleh PLN yang berlokasi di kawasan Ekowisata Pantai Telok Berdiri, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.
Kegiatan penanaman pohon Mangrove ini menjadi salah satu wujud nyata dari kepedulian PLN terhadap pelestarian lingkungan hidup. Dengan Pantai Telok Berdiri yang menjadi salah satu penyokong sumber kehidupan masyarakat Desa Sungai Kupah, maka pencegahan abrasi perlu dilakukan sehingga ekosistem pantai dan sekitarnya tetap terjaga.
Ari Dartomo, General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalimantan Barat mengatakan bahwa upayanya tidak hanya tentang penanaman Mangrove saja. PLN Kalbar juga melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana penunjang lainnya guna meningkatkan daya tarik serta keindahan dari kawasan Ekowisata Telok Berdiri.
“Melalui bantuan yang kami berikan lewat program TJSL, kami berharap kawasan Ekowisata Pantai Telok Berdiri juga dapat menjadi sentra pengembangan usaha UKM di Desa Sungai Kupah. Semakin banyak pengunjung yang datang maka pendapatan mereka juga semakin meningkat,” kata Ari dikutip dari laman PLN.
Kawasan wisata yang telah dibangun sejak 2017 ini hanya mengandalkan dari tiket masuk pengunjung untuk operasional. Sebab itu, menjaga kelestarian lingkungan sekaligus teknis operasional di kawasan destinasi tersebut merupakan hal yang penting dan signifikan.
Nantinya, kawasan Ekowisata Pantai Telok Berdiri akan membangun sejumlah wahana hiburan lainnya. Berbagai wahana hiburan yang akan dikembangkan meliputi wisata susur sungai, homestay, tempat pemancingan alam hingga pusat kuliner tradisional.
Usman, Ketua Unit Pariwisata BUMDes Tanjung Intan, Desa Sungai Kupah, menyatakan kegiatan kelestarian lingkungan ini membawa banyak manfaat. Dalam pengembangan kawasan Ekowisata Pantai Telok Berdiri, hal ini akan memberikan pengetahuan untuk meminimalisasi dampak negatif pada lingkungan dan kepedulian terhadap lingkungan.
“Bantuan yang diberikan PLN akan sangat membantu dalam upaya pengembangan kawasan Ekosistem Pantai Telok Berdiri. Beberapa fasilitas penunjang akan kami bangun, di antaranya tempat berjualan para pelaku UKM, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan hasil olahan warga, sambil menikmati suasana pantai,” ucap Usman.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related