Transportation & Logistic

Tanggapi Perubahan Iklim, Mercedes-Benz eActros Diluncurkan

Sumber: Dokumetasi Mercedez

Mercedes-BenzTrucks merilis perdana model eActros untuk angkutan barang heavy-duty. Pabrikan otomotif ini menggembar-gemborkan era baru dengan peluncuran pertama produksi truk seri listrik dengan logo bintang tersebut.

“Kami mengakui transportasi merupaian bagian dari masalah dalam hal perubahan iklim. Pada saat yang sama, kami bisa menjadi bagian dari solusi. Kami mulai dengan eActros kami yang telah menempuh lebih dari setengah juta kilometer di jalan umum,” kata Karin Rådström, Member of the Board of Management di Daimler Truck AG dan bertanggung jawab atas Truk Mercedes-Benz seperti dikutip dari keterangan resminya.

Rådström meyakini konsep dan potensi pasar eActros sebagai langkah besar bagi Mercedes-Benz Trucks dan bagi pelanggan untuk menuju transportasi yang netral CO2. Sebelumnya, pengujian sepuluh prototipe eActros dimulai pada tahun 2018.

“Pengembangan eActros difokuskan pada kemitraan dengan pelanggan kami. Segala sesuatu yang kami pelajari dari Innovation Fleet sekarang sedang tergabung dalam produksi seri. Dibandingkan dengan prototipenya, beberapa fitur seperti jangkauan, tenaga penggerak, dan keselamatan telah jauh lebih baik dalam model produksi seri”, jelas Andreas von Wallfeld, Kepala Pemasaran, Penjualan, dan Layanan di Mercedes-Benz Trucks.

Inti pada teknologi eActros adalah unit penggerak dengan dua motor listrik terintegrasi bersama dengan transmisi dua kecepatan. Kedua motor memberikan kenyamanan berkendara yang mengesankan dan dinamika kendaraan yang hebat. Sementara, penggerak listrik yang senyap dan bebas emisi berarti truk juga dapat digunakan untuk pengiriman malam dan masuk ke dalam kota yang memiliki larangan mengemudi untuk kendaraan diesel.

Bergantung pada versinya, eActros mendapatkan dayanya dari tiga atau empat paket baterai – masing-masing berkapasitas sekitar 105 kWh. Berkat kapasitas maksimum 420 kWh2, jangkauan hingga 400 kilometer menjadi realistis. eActros dapat diisi hingga 160 kW: Saat terhubung ke stasiun pengisian 400A DC, ketiga paket baterai perlu sedikit lebih lama dari satu jam untuk mengisi daya dari 20 hingga 80%. “Dengan demikian, eActros dilengkapi dengan baik untuk kegiatan sehari-hari dalam transportasi sehubungan dengan ketersediaan dan kinerja,” tambah von Wallfeld.

Menjelang musim gugur 2021, model produksi seri ini akan diproduksi di pabrik perakitan truk terbesar Mercedes-Benz Trucks di Wörth am Rhein. Dalam beberapa bulan terakhir, persiapan intensif telah dilakukan untuk proses produksi baru di sana, termasuk pembangunan jalur perakitan baru. Pada tahap awal, model produksi seri eActros akan tersedia di Jerman, Austria, Swiss, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris Raya, Denmark, Norwegia, dan Swedia. Pasar selanjutnya akan menyusul.

MARKETEERS X








To Top