Tangkap Pasar, Infobip Luncurkan Data Center di Indonesia

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
22 Juni 2022
marketeers article
Infobip Luncurkan Data Center di Indonesia (Ilustrasi: 123RF)
Infobip, platform komunikasi cloud global belum lama ini meluncurkan pusat data di Indonesia. Bertajuk ID1, data center ini dihadirkan untuk mendukung kemampuan inovasi digital cloud bagi perusahaan lokal dan multinasional. Berlokasi di Jawa Barat, peluncuran pusat layanan data ini sejalan dengan arah strategis Digital Roadmap Indonesia tahun 2021-2024 yang bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur digital dan konektivitas yang inklusif, aman, dan andal dengan layanan berkualitas tinggi.
Fasilitas ID1 merupakan perluasan dari rangkaian data center milik Infobip yang tersebar di seluruh dunia. Data center ini juga akan meningkatkan kemampuan layanan CPaaS dan SaaS milik Infobip, mulai dari layanan suara, email, SMS, dan chat hingga produk as a service, seperti Conversations (Contact Center as a Service), Moments (Marketing Automation), Answers (Chatbot), dan Customer Data Platform (CDP).
Ke depannya, layanan ini akan memberikan manfaat layanan pelanggan yang menyeluruh bagi pelanggan dari berbagai industri, termasuk ritel, banking-financial services and insurance (BFSI), logistik, makanan dan minuman, fintech, telemedicine, serta perusahaan sektor publik di Indonesia.
“Peluncuran data center Infobip di Indonesia menandai pencapaian penting sejak kami memasuki pasar Indonesia di tahun 2016,” kata Alma Numic, VP General Manager APAC dan MENA Infobip dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/6/2022).
Perusahaan mengatakan, perlindungan dan data localization serta keamanan dan privasi adalah prioritas utama. Karenanya, perusahaan memastikan kepatuhan terhadap peraturan lokal terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Selain itu, fasilitas ini juga telah memenuhi standar internasional, termasuk ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu, ISO 27001 untuk sistem manajemen keamanan informasi, Threat and Vulnerability and Risk Assessment (TVRA), dan Kepatuhan TI TÜV Rheinland untuk PCI DSS.
Selain data center, Infobip juga segera meluncurkan layanan Mobile Identity di Indonesia. Layanan ini untuk memberikan perlindungan terhadap privasi data pelanggan, diklaim perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pengguna, dan keterlibatan konsumen.
Dengan memanfaatkan layanan Mobile Identity milik Infobip, perusahaan dapat mengintegrasikan solusi-solusi seperti Silent Mobile Verification (SMV), Sim-swap (SS), Know-your-customer (KYC) dan Number Share ke alur kerja operasi saat ini dalam satu platform API.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related