TaniFund Gandeng Malindo untuk Tingkatkan Mutu Produk Pertanian

profile photo reporter Ellyta Rahma
EllytaRahma
05 Desember 2020
marketeers article
Startup peer-to-peer lending yang fokus pada pendaaan petani, TaniFund kembali berkolaborasi untuk mendukung lebih lanjut peningkatan mutu pertanian di Indonesia. TaniFund menggandeng Malindo, perusahaan penyediaan perlengkapan pertanian di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, TaniFund akan meningkatkan pemenuhan pupuk, pestisida, dan peralatan pertanian untuk petani binaan TaniFund.
“Peralatan pertanian mendorong petani untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pertanian. Kerja sama ini menjadi langkah TaniFund untuk mendorong pertanian lebih maju,” kata Edison Tobing, Direktur TaniFund.
Selain peralatan esensial, TaniFund juga akan memfasilitasi petani binaannya dengan pesawat nirawak (drone). Fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk penyemprotan pestisida yang cepat.
Dalam kerja sama ini, Edison menambahkan bahwa pihaknya juga memperkuat penerapan sistem non-tunai pada petani binaannya. “Petani tidak perlu menyimpan uang pendanaan dan mengeluarkan usaha lebih untuk mencari dan membeli kebutuhan proses kultivasi mereka. Malindo dan TaniFund akan memfasilitasi proses pemenuhan ini sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas produksi,” paparnya.
Lebih lanjut, kerja sama ini sekaligus mewujudkan misi bersama untuk meningkatkan kualitas pertanian dan para petani Indonesia. Untuk memperkuat misi ini, Malindo dan TaniFund juga akan mengedukasi petani binaan untuk mengoptimalkan penggunaan alat pertaniaan yang diberikan.
“Contohnya adalah pelatihan operasional drone secara tepat untuk menanam dan menyemprotkan pestisida. Diharapkan setelah ini, petani binaan semakin familiar dengan teknologi untuk meningkatkan pertanian dari sisi jumlah maupun kualitas,” tutup Edison.
Editor: Ramadhan Triwijanarko

Related