Lifestyle

Tantangan Orang Tua dalam Pemenuhan Pendidikan dan Kesehatan Anak Selama Pandemi

PHOTO CREDIT: 123RF

Masa pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua dan anak. Pemberlakuan school from home bagi anak-anak meningkatkan peran orang tua untuk lebih cerdas dan tanggap dalam mengalokasikan kebutuhan prioritas selama pandemi, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan.

Melihat pentingnya peran orang tua terhadap kebutuhan pendidikan dan kesehatan anak selama pandemi tersebut, Pintek meluncurkan kampanye #CintaDariRumah untuk mendukung orang tua dalam pemenuhan kebutuhan keluarga dengan menggandeng komunitas parenting Momsfluencer dan SmartMumsID.

“Kondisi yang tak menentu selama pandemi tentu berpengaruh pada banyak hal, terutama pada skala prioritas kebutuhan keluarga yang perlu dicermati dengan bijak, terutama dalam hal pendidikan dan kesehatan anak yang saat ini tengah melakukan kegiatan belajar dari rumah,” kata Patricia Sanjoto, Vice President of Commercial Pintek.

Selain tantangan dalam pemenuhan pendidikan anak, orang tua juga perlu memperhatikan kesehatan keluarga. Tidak hanya pemenuhan gizi seimbang, pengelolaan emosi menjadi penting untuk kestablian keluarga agar peforma tetap terja selama berkegiatan di rumah.

“Ada banyak keluarga yang semakin cemas dengan ketidakpastian saat pandemi ini. Kekhawatiran akan berbagai hal seperti pemenuhan kebutuhan prioritas dapat memicu kesalahpahaman dalam keluarga, yang juga akan berpengaruh pada emosi anak,” jelas Gita Mechtilde, Pendiri Komunitas Momsfluencer.

Gita pun menekankan akan pentingkan komunikasi yang baik kepada pasangan maupun anak sebagai langkah awal pendukung peran orang tua dalam membangun suasana yang kondusif, termasuk memberi peringatan pada anak.

Sementara itu dari segi kesehatan fisik, Pendiri Komunitas SmartMumsID Vibrie VB juga menganjurkan orang tua untuk lebih memperhatikan asupan nutrisi dan menciptakan lingkungan yang baik bagi anak selama melakukan kegiatan di rumah.

“Kita sepakat bahwa kesehatan fisik dapat mempengarhui emosi diri dengan lebih baik, yang juga mendorong produktivitas orang tua dan anak,” pungkas Vibrie.

Most Popular








To Top