Communication

Telkomsel Perkuat Jaringan Broadband 4G LTE Di Wilayah 3T

BTS USO Telkomsel

Telkomsel kembali memperkuat jaringan broadband mereka. Sampai saat ini, Telkomsel memiliki 1083 unit BTS Universal Service Obligation (USO) yang dikembangkan melalui kolaborasi bersama Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) Kominfo. Jaringan ini akan terkoneksi seluruhnya oleh jaringan broadband 4G LTE pada periode kuartal tiga 2020.

Langkah strategis ini ditegaskan Telkomsel pada saat kunjungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia. Di sana, perusahaan melakukan peninjauan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) yang sebelumnya tidak terjangkau penyelenggara layanan telekomunikasi, yakni wilayah Kabupaten Pulau Morotai.

Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam siarannya menjelaskan, komitmen tersebut merupakan tindak lanjut konsistensi Telkomsel untuk menghadirkan pemerataan akses jaringan broadband. Upaya ini dilakukan untuk mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat di seluruh pelosok negeri, tanpa terkecuali di wilayah 3T.

“Telkomsel bertekad untuk menghadirkan akses jaringan broadband yang merata dan setara mulai dari perkotaan hingga wilayah pelosok Tanah Air,” ujar Hendri.

Dari total BTS USO yang dimiliki Telkomsel, sebanyak 993 unit di antaranya telah berteknologi 4G LTE dan tersebar merata di wilayah 3T dari Sabang hingga Merauke. Sedangkan untuk 93 unit BTS USO lain yang sebelumnya terkoneksi 2G, secara bertahap telah dilakukan proses pengembangan teknologi dan seluruhnya segera terkoneksi jaringan broadband 4G LTE pada periode kuartal tiga tahun ini. Salah satunya di wilayah Kabupaten Pulau Morotai.

Untuk wilayah Kabupaten Pulau Morotai yang ditinjau langsung oleh Kementerian Kominfo RI, Telkomsel telah mengoperasikan tiga unit BTS Merah Putih dan 29 unit BTS USO yang semuanya telah terkoneksi jaringan broadband 4G LTE. Secara total, di Provinsi Maluku Utara sendiri, Telkomsel telah menggelar 75 unit BTS USO berteknologi 4G LTE. Pengembangan keseluruhan infrastruktur BTS USO berteknologi broadband ini melengkapi lebih dari 20.000 BTS Telkomsel lainnya.

Hingga kuartal satu 2020, secara keseluruhan Telkomsel telah menggelar lebih dari 219.000 unit BTS di seluruh Indonesia. Angka ini meningkat 11% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Telkomsel juga telah mengoperasikan lebih dari 169.000 unit BTS broadband berbasis 3G dan 4G, yang juga tumbuh sekira 14% dibanding periode yang sama.

“Telkomsel menargetkan penambahan lebih dari 25.000 BTS 4G LTE baru hingga akhir tahun. Sebagian besar cakupannya diprioritaskan menjangkau wilayah residensial dan padat populasi,” pungkas Hendri.

MARKETEERS X








To Top