Business

Terapkan Omnichannel, Informa Kirim Barang Lebih Cepat

Ilustrasi: 123RF

Informa, bagian  dari Kawan Lama Grup telah menerapkan strategi omnichannel. Bahkan, telah melibatkan seluruh cabang yang tersebar di 48 kota di Indonesia. Strategi ini untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya, terutama dalam hal keefektifan biaya ongkos kirim.

Bukan hanya mengehemat ongkos kirim saja, Informa juga memiliki pengembangan service yang juga dapat meningkatkan sisi custumer experience atau CX, yakni layanan gratis instalasi. Jadi, konsumen tidak perlu repot untuk merakit pesanan mereka yang diantar oleh tim delivery Informa. “Pengembangan service kita juga bukan hanya gratis pengiriman, tapi kita juga ada gratis instalasi,” ungkap Bertha Hapsari selaku Marketing Communication General Manager Informa.

Informa berhasil terapkan strategi omnichannel dalam penjualan mereka selama pandemi ini. Konsumen hanya perlu memesan furniture melalui aplikasi yang dapat diakses melalui mobile phone dan juga web browser. Lalu, barang pesanan konsumen akan segera diporses dan dikirimkan oleh tim Informa melalui cabang terdekat dari alamat pengiriman yang konsumen input dalam pesanan di aplikasi dan website Ruparupa.com.

“Kelebihan Informa, adalah jaringna luas di 48 kota dan ada 110 toko. Kami bisa mengirim produk dengan cepat. Pelanggan hanya perlu memesan melalui e-commerce Ruparupa.com dan barang akan dikirim dari cabang terdekat dengan alamat pelanggan. Misalnya, pelanggan memesan online di Maluku, maka kami akan kirim produk dari toko di Maluku,” kata Bertha.

Dengan menggunakan startegi omnichannel,  membuat konsumen lebih fleksibel . Strategi ini juga memungkinkan konsumen untuk mengambil sendiri atau pick up pesanan di toko-toko Informa yang tersedia di kota mereka. Selain dapat memberikan kemudahan pengiriman, strategi omnichannel juga tentunya efektif karena dapat membuat supply chain menjadi lancar.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top