Automotive

Tidak Dapat Diskon PPnBM, Pajero Sport Dominasi Segmen Medium SUV

Jumlah orang yang positif terpapar COVID-19, terutama varian Delta, dalam beberapa minggu meningkat drastis. Hal ini mendorong pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Kondisi ini tentu akan berpengaruh kembali pada perekonomian. Namun begitu, kebijakan ini wajib didukung karena kesehatan masyarakat adalah hal utama.

Sektor otomotif cukup terdampak oleh pandemi COVID-19. Secara perlahan, industri ini mulai bangkit kembali. Apalagi, pemerintah juga telah mendorong pertumbuhan industri ini dengan mengeluarkan diskon Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) hingga 100%. Sehingga, dalam beberapa bulan terakhir terjadi peningkatan penjualan kendaraan bermotor.

Salah satu agen pemegang merek (APM) yang meraih pertumbuhan penjualan selama pandemi adalah Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKS). Selama perionde insentif, Maret-Mei 2021, MMKSI berhasil tumbuh 37% dibandingkan tiga bulan sebelumnya tanpa ada insentif, Desember 2020-Februari 2021.

“Kami berterima kasih pada pemerintah yang telah menginisiasi program relaksasi PPnBM. Selain itu,  apresiasi tertinggi kami untuk para konsumen yang telah mempercayakan pilihannya pada lini kendaraan penumpang Mitsubishi Motors,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Ia menambahkan, tidak semua produk Mitsubishi bisa ikut serta dalam program pemerintah ini. Salah satunya adalah New Mitsubishi Pajero Sport. “Kami memohon maaf kepada konsumen, sebab Pajero Sport tidak masuk dalam program ini. Namun, calon konsumen tidak perlu khawatir karena kami telah memulai sales program sejak April khusus untuk Pajero Sport,” kata Presiden Direktur PT MItsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura.

Uniknya, penyumbang penjualan pada Mitsubishi bukan hanya dari model kendaraan yang masuk dalam daftar potongan PPnBM. Model yang tetap laris tanpa ada diskon tersebut adalah New Mitsubishi Pajero Sport.

Berdasarkan data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dari Januari – Mei 2021, penjualan New Mitsubishi Pajero Sport menjadi yang tertinggi di kelasnya, yakni 6.572 unit.  Pada Mei lalu,   New Pajero Sport menjadi pemimpin pasar dengan penguasaan lebih dari 60% di segmen medium sport utility vehicle (SUV) 2.500 CC (4×2 dan 4×4).

Selain karena kualitas produk, minat orang pada New Pajero Sport juga lantaran program penjualan menarik dari MMKSI. Program penjualan yang disuguhkan MMKSI untuk New Pajero Sport antara lain uang muka ringan mulai 15%, atau bunga ringan 0,75%, atau program tabungan emas senilai Rp 5 juta.

“Konsumen Indonesia memiliki tingkat edukasi otomotif yang baik. Setidaknya ini dibuktikan dengan tingginya penjualan New Mitsubishi Pajero Sport di segmen SUV. Selain itu, membuktikan bahwa konsumen tetap memilih Mitsubishi Pajero Sport meski tidak mendapatkan fasilitas insentif PPnBM dari pemerintah,” tambah Naoya.

MARKETEERS X








To Top