Lifestyle & Entertainment

Tidak Hanya Timeless, BORU Tawarkan Konsep Etika Berbudaya

SUMBER: BORU

Kekayaan budaya di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Namun, dengan banyaknya gempuran budaya dari luar, budaya Tanah Air seakan mulai pudar. Sebab itu, penting bagi generasi muda untuk terus melestarikan budaya yang juga menjadi identitas bangsa.

Memahami pentingnya pelestarian budaya, PT Toba Tenun Sejahtera meluncurkan BORU. Mengusung konsep timeless, ethical, dan sustainable, BORU hadir mengangkat nilai-nilai budaya nasional, khususnya budaya Batak dari Sumatera Utara.

Sebagai brand fesyen, BORU memahami tren yang berkembang saat ini, yaitu sustainable. Kepedulian banyak orang terhadap lingkungan serta kebudayaan sampai kesejahteraan pengrajin tidak luput dari perhatian BORU. Karena itu, BORU telah menggandeng sejumlah pengrajin tradisional dan desainer muda untuk memadukan aspek budaya dan fesyen.

Untuk proses produksi sendiri, BORU mengambil metode slow fashion yang berbeda dengan model fast fashion yang banyak digunakan untuk proses produksi massal berbiaya rendah. Fast fashion kerap menggunakan bahan campuran kimia untuk mengikuti tren terkini dengan cepat, sementara slow fashion sangat memerhatikan bahan-bahan produksi yang ramah lingkungan serta awet dan tahan lama.

Sumber: BORU

“Material kami langsung dibuat oleh para penenun ulos yang ada di desa pengrajin ulos di Sumatera. Kerja sama ini juga dilakukan untuk membantu mereka yang mengalami goncangan ekonomi akibat pandemi,” tutur Founder dan CEO BORU Kerri na Basaria.

Untuk koleksi pertama pada peluncuranya, BORU memperkenalkan koleksi pakaian dan aksesori yang diberi nama Sindar. Motif yang digunakan pun memiliki tiga makna penting dalam budaya Batak, yaitu sinar, harapan, dan rumah.

“Meski menggunakan ulos sebagai DNA dari koleksi BORU, kami memastikan tidak mengganggu motif ulos yang sudah sakral dan menjadi tradisi Batak. Harapannya dengan membawa motif ini menjadi pakaian yang modern, budaya Batak bisa lebih mudah diperkenalkan kepada generasi muda,” pungkas Kerri.

Memadukan warna biru dan cokelat, Sindar menawarkan tampilan kasual yang earthy. Corak yang terlihat pun terkesan modern serta kontemporer. Koleksi ini hadir dengan pilihan untuk perempuan hingga unisex sehingga cocok untuk dikenakan dalam keseharian.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top