Uncategorized

Tiga Destinasi Wisata Lokal Paling Diminati Pada Awal Tahun 2021

Sumber: 123rf.com

Setelah mengalami aneka pembatasan akibat pandemi COVID-19, minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata mulai nampak. Pada awal tahun 2021, minat tersebut terhitung cukup tinggi. Menurutsurvei internal Traveloka terhadap pengguna, 35% responden menyatakan tertarik untuk berlibur pada awal tahun ini. Tentunya, hal ini didukung dengan adanya perubahan minat dan perilaku masyarakat, khususnya dalam berwisata, yang terbentuk selama pandemi.

Tak hanya menerapkan protokol kesehatan berstandar tinggi, masyarakat kini lebih memiliki minat yang tinggi untuk melakukan wisata alam dan menginginkan fleksibilitas pemesanan dalam perencanaan perjalanannya.

Selain wisata alam yang paling diminati, #SmartStaycation, wisata budaya, rekreasi dan kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini sesuai dengan riset Traveloka, yang mana sebanyak 72% responden menyatakan ingin mengunjungi destinasi wisata alam di luar kota tempat tinggal.

Responden lainnya menyatakan ingin mengunjungi objek wisata, kuliner, serta seni dan budaya yang berada di sekitar kota tempat tinggal atau kampung yang akan dikunjunginya. Akhir pekan maupun perayaan hari besar juga menjadi salah satu favorit para pengguna, di mana #SmartStaycation serta pencarian hotel, vila, dan apartemen di luar kota juga meningkat 15% dibanding akhir tahun 2020. Menurut riset tersebut, ada tiga destinasi di Indonesia yang paling diminati pada awal tahun ini.

  1. Bali (52%)

Sudah bukan rahasia jika pulau Bali merupakan primadona wisata dunia. Sebagai destinasi wisata terpopuler, Bali kembali mendominasi rata-rata pencarian sebesar 52%, mengungguli destinasi wisata di Indonesia lainnya. Pencarian destinasi Bali paling populer di aplikasi Traveloka cukup beragam, mulai dari pilihan akomodasi seperti hotel, vila, resor, hingga homestay di area Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Canggu, Ungasan dan Ubud, lalu diikuti pilihan penerbangan, aktivitas rekreasi dan kuliner. Bali juga dipilih sebagai destinasi workation dikarenakan banyaknya pilihan akomodasi untuk bekerja dari hotel dan vila, juga beberapa coworking space di area Canggu.

  1. Yogyakarta (37%)

Jika pada akhir tahun 2020 Yogyakarta berada di peringkat ke-4 dengan rata-rata persentase pencarian 7%, pada awal 2021 destinasi liburan paling dicari di Indonesia ini melesat menjadi peringkat ke-2 dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 37%.

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan salah satu kota wisata populer yang ada di Indonesia. Daya tarik wisata di Yogyakarta sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis. Kota ini juga merupakan “rumah” para seniman tanah air. Mengunjungi berbagai galeri seni di Jogja, bisa jadi salah satu inspirasi untuk tujuan wisata berikutnya.

  1. Jakarta (30%)

Berada di peringkat ketiga dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 30%, Jakarta menjadi salah satu destinasi paling dicari di Indonesia di awal tahun ini. Dikenal sebagai salah satu kota terpadat, Jakarta memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling menarik di Asia Tenggara.

Tak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta yang menjadi pusat dari aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia menjadikannya sebagai destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan bisnis dari dalam maupun luar negeri. Banyak hal yang dapat dilakukan di Kota Metropolitan ini, seperti menikmati sensasi cita rasa internasional di restoran berkelas hingga jajanan lezat dan hemat.

Untuk semakin memudahkan pengguna saat menjelajahi Jakarta, Traveloka menghadirkan Traveloka Eats Delivery untuk Anda yang ingin mengeksplorasi kekayaan kuliner di Jakarta! Makanan akan langsung diantar ke rumahmu tanpa biaya pengiriman. Menurut Anda, mana destinasi yang pantas dikunjungi pada tahun ini?

MARKETEERS X








To Top