Media

Tiga Langkah Optimalkan Brand Engagement via TikTok

SUMBER: 123RF

Dalam beberapa waktu terakhir, TikTok menjadi salah satu platform yang dilirik brand untuk strategi marketing mereka. Dilansir HubSpot, sejak tahun 2018, TikTok mengalami lonjakan pengguna dengan sekitar 500 juta pengguna aktif bulanan.

Aplikasi berbasis video pendek tersebut menjadi salah satu yang diminati kalangan Gen Z. Mereka menggunakan platform ini untuk menunjukkan kreativitas. Brand pun tidak ketinggalan untuk ikut bereksperimen mulai dari membuat konten hingga menggandeng sejumlah influencer TikTok untuk memasarkan produk mereka.

Namun, tidak sedikit pula brand yang masih ragu menggunakan TikTok untuk pemasaran mereka. Mengapa? Hal tersebut dapat dimaklumi karena TikTok terbilang baru dalam proses advertising dan kemampuan hyperlink untuk brand.

Kendati demikian, jika diperhatikan kembali, Tiktok memiliki kemampuan untuk meningkatkan brand awareness. Platform ini juga dapat digunakan untuk lebih engage dengan target yang lebih muda. Caranya dengan menggunakan konten yang mengandung humor, tantangan, atau strategi lain yang hanya bisa ditemukan di TikTok.

Tertarik untuk mulai mencoba TikTok sebagai bagian dari strategi marketing? Berikut sejumlah tips yang bisa digunakan untuk menggali potensi di platform ini.

Tunjukkan Diferensiasi

Banyak orang tertarik mengakses platform ini karena konten kreatif dan humor yang ditawarkan. Brand bisa mencoba untuk melakukan pendekatan personal atau memperkenalkan perusahaan dengan cara unik seperti menunjukkan kegiatan “di balik layar”. Muncul sebagai brand yang dekat dengan konsumen dan bisa dipercaya oleh pelanggan potensial.

Jangan Takut Bereksperimen

Aplikasi ini memang masih baru dan belum memiliki banyak regulasi seperti platform media sosial lainnya. Jika brand memiliki konten yang menarik, tidak ada salahnya mencoba dan melihat respons yang didapat melalui jumlah like, komentar, atau share.

Libatkan Audiens

TikTok memiliki banyak video viral lewat tantangan atau duet. Cobalah menciptakan kampanye challenge untuk menarik perhatian audien, buat mereka terlibat dan langsung ikut dalam kampanye brand. Sama seperti platform lainnya, ikutsertakan audiens dan bangun fanbase brand Anda.

Meskipun belum berminat untuk menjadikan TikTok bagian dari strategi marketing, tidak ada salahnya untuk mengecek aplikasi ini. Dengan menjelajahi berbagai konten yang ada, Anda sebagai marketeer bisa melihat bagaimana perusahaan lain bereksperimen di platform baru dan mendapatkan ide untuk konten pemasaran brand Anda.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top