Uncategorized

Tiga Strategi FIFGROUP Raih Pertumbuhan

Ketika industri pembiayaan melemah seiiring penurunan penjualan otomotif nasional, FIFGROUP justru menunjukkan pertumbuhan. Hampir di semua parameter keberhasilan, perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini menunjukkan peningkatan. Sekarang, pangsa pasar FIFGROUP di pembiayaan motor Honda mencapai 49%.

Tahun ini, pembiayaan FIFGROUP prediksinya bisa tumbuh sekitar 13% dibanding tahun 2014. Tahun lalu, pembiayaan mereka mencapai Rp 26,7 triliun. Sedangkan pada tahun ini hingga Oktober saja,pembiayaan FIFGROUP sudah mencapai Rp 23,7 triliun. Lalu, asumsi profit tahun ini tumbuh sekitar 8%. Angkanya dari dari Rp 1,25 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp 1,535 triliun.

Non-performance loan (NPL) juga berhasil ditekan dari 0,8% di tahun 2014 menjadi 0,7% pada tahun ini. Sedangkan pengelolaan aset juga meningkat, dari Rp 26 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp 33 triliun pada tahun ini. Dengan semua pencapaian ini, tentu menjadi pertanyaan apa kunci keberhasilan dari perusahaan ini?

President Director FIFGROUP Suhartono menjelaskan bahwa ada tiga strategi  besar yang ia terapkan. Ketiganya adalah strategi by design, by control, dan by motivation. Ketiga strategi ini meliputi semua proses bisnis, baik di internal dan eksternal, perusahaan. 

“Kami melihat bahwa sejak tahun 2012 bahwa perekonomian sudah mulai turun. Sehingga, kami harus melakukan langkah taktis dan strategis untuk memastikan FIFGROUP bisa tetap bertahan. Lebih dari itu, tetap tumbuh di kondisi sulit sekalipun. Dan sejak tahun 2012, kami terus tumbuh,” kata Suhartono atau akrab disapa Pak Hartono yang meraih penghargaan Indonesia Marketing Champion di sektor multifinance. 

 

*Artikel selengkapnya bisa dibaca di Majalah Marketeers edisi Desember 2015-Januari 2016

MARKETEERS X








To Top