Lifestyle

Tiga Tips Tetap Positif di Tengah Masa Sulit

Photo Credits: 123rf

Situasi pandemi COVID-19 tak dipungkiri menimbulkan rasa stres bagi sebagian orang. Survei yang dilakukan JobStreet kepada lebih dari lima ribu responden menemukan, hanya 38% responden yang merasa bahagia saat ini. Padahal sebelum masa pandemi terjadi, terdapat 93% responden yang merasa bahagia.

Psikolog Theresia Ceti Prameswari menjelaskan, penting untuk tetap menjaga sikap positif meski berada di tengah kondisi sulit. Pasalnya, mindset negatif hanya akan memperburuk keadaan. Berikut ini tiga tips yang dibagikan Theresia agar Anda tetap memiliki sikap positif kapan pun dan di mana pun.

Kenali dirimu

Hal pertama dan paling penting yang harus dilakukan adalah mengenali diri sendiri dan mengetahui apa yang benar-benar Anda inginkan.

“Banyak orang belum tahu apa yang mereka inginkan dan apa yang dapat membuat mereka bersemangat dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Untuk membantu Anda bisa bersikap lebih positif dalam hidup, renungkan dan putuskan pekerjaan seperti apa yang benar-benar Anda inginkan dan dapat membuatmu bersemangat,” terang Theresia di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Jika diperlukan, jangan enggan meminta bantuan orang lain untuk dapat lebih mengenal diri sendiri. Webinar atau online class juga bisa menjadi pilihan yang dapat membantu untuk menemukan apa yang sebenarnya Anda inginkan. “Kenali dirimu, ketahui tujuanmu, dan rasakan hal positif dalam dirimu,” kata Theresia.

Cari kesenjangan

Setelah lebih mengenali diri sendiri, perhatikan kembali hidup Anda dan cari tahu apakah ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan.

Coba perhatikan apakah yang Anda lakukan sekarang sudah sesuai dengan harapan atau paling tidak sudah mengarah ke sana. Sikap kurang positif bisa timbul karena terdapat kesenjangan tersebut.

“Tanyakan kembali kepada diri sendiri, apa yang sebenarnya Anda inginkan dalam hidup? Apa yang benar-benar bisa membuat Anda bahagia? Temukan kesenjangan tersebut dan lakukan perubahan,” jelas Theresia.

Ambil tindakan

Setelah mengetahui kesenjangan dan yakin akan sumber kebahagiaan, lakukan apa yang perlu untuk menggapai harapan tersebut.

“Penerapan ide dan usaha mencapai tujuan dapat memberikan semangat yang positif. Jangan sungkan meminta bantuan dan pendapat orang lain dalam mendapatkan ide dan masukan,” tutur Theresia.

Most Popular








To Top