Technology

Tiga Tren Utama yang Dibutuhkan dalam Tranformasi Digital Indonesia

SUMBER: HUAWEI

Teknologi memang sudah lama diramalkan akan menjadi pendorong peningkatan ekonomi di seluruh negara di dunia. Hingga kini banyak negara berlomba-lomba untuk bertransformasi secara digital untuk mendapatkan keuntungan tentunya.

Indonesia menjadi negara yang aktif bertransformasi ke arah digital. Melihat potensi yang besar di tanah air, Huawei pun mengungkapkan tiga teknologi utama yang bisa mendukung keberhasilan transformasi digital di berbagai sektor.

“Dari perspektif infrastruktur teknologi dan informasi, ada tiga tren utama dalam transformasi digital yaitu cloud dan artificial intelligence (AI), pusat data, dan jaringan LAN. Huawei Indonesia sendiri telah berkomitmen untuk jangka panjang dalam mendukung Indonesia mencapai visi dan inisiatif strategi untuk transformasi digital ini,” ujar CEO Huawei Indonesia Jacky Chen.

Transformasi di cloud menjadi hal yang penting sebagai pondasi untuk dunia bisnis. Karena, cloud memungkinkan perusahaan untuk mengukur infrastruktur sesuai kebutuhan untuk mendukung perubahan prioritas bisnis, sekaligus mengurangi risiko sumber daya TI terbuang secara percuma.

Selain itu, pemerintah Indonesia saat ini juga fokus mengembangkan AI yang bertujuan menjadikan Indonesia lebih kompetitif di tingkat global baik untuk berbagai sektor. Terlebih lagi di situasi saat ini, teknologi ini diyakini penting untuk penanganan pandemi COVID-19.

Selanjutnya adalah transformasi pusat data yang didukung dengan teknologi yang berorientasi masa depan. Berbagai teknologi ini nantinya bisa memberikan manfaat bisnis mulai dari pengurangan biaya hingga kelincahan TI yang lebih baik lagi.

Transformasi digital lain yang penting diperhatikan terdapat pada jaringan LAN. Karena, nantinya hanya masalah waktu untuk meningkatkan infrastruktur yang saat ini sudah ada. Jaringan LAN yang baik sebagai pondasi bisa mempercepat proses dan mengurangi risiko-risiko yang mungkin terjadi.

Sebagai perusahaan teknologi, Huawei terus menunjukkan dukungan untuk pengembangan teknologi di berbagai negara salah satunya Indonesia. Hal tersebut juga mereka tunjukkan lewat kolaborasi dengan sejumlah universitas di Indonesia. Selain itu, Huawei juga terus melakukan pengembangan ekosistem AI lokal untuk akselerasi industri dan perkembangan ekonomi.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top