Lifestyle & Entertainment

TikTok Ajak Pelamar Kerja Lebih Kreatif dengan Fitur Terbaru

SUMBER: TIKTOK

TikTok mengajak pengguna untuk mengoptimalkan platformnya. Tidak hanya digunakan sebagai tempat menemukan hiburan hingga tips dalam keseharian. TikTok kini memberikan wadah bagi para pelamar kerja dengan fitur TikTok Resumes.

Fitur ini merupakan bagian dari pilot program yang didesain untuk melanjutkan ekspansi dan menambah manfaat TikTok. Salah satunya sebagai kanal baru untuk perekrutan dan pencarian kerja.

Untuk memperkenalkan fitur terbaru mereka ini, TikTok mengajak sejumlah perusahaan untuk mengundang para pencari kerja. Dilansir dari Forbes, perusahaan dari berbagai industri  berpartisipasi seperti Target, Chipotle, Shopify, hingga TikTok sendiri. Mereka membuka kesempatan bagi pelamar hingga 31 Juli mendatang.

“TikTok Resumes resmi dibuka dan menerima video resume. Kami juga senang dapat bekerja sama dengan sejumlah brand dalam pilot program ini. Melalui fitur resume, kami memperkenalkan cara baru kepada pencari kerja untuk memamerkan pengalaman dan kemampuan mereka dengan lebih kreatif dan autentik,” tutur Global Head of Marketing TikTok Nick Tran.

Kreator konten popular asal Amerika Serikat Connor Ripple pun memberikan sejumlah tips bagi pengguna TikTok yang ingin menggunakan fitur ini. Pembuat konten tips perkuliahan ini menegaskan dua hal dalam pembuatan resume di TikTok.

Pertama, soroti mengapa Anda bisa menjadi aset berharga bagi perusahaan. Kedua, jangan takut untuk menjadi diri sendiri.

TikTok memberikan saran kepada para pelamar untuk membiarkan video mereka bertahan selama satu bulan. Sehingga, perekrut bisa memiliki waktu lebih untuk melihat resume mereka.

TikTok juga mendorong pengguna untuk menggunakan berbagai tools dan efek yang ada untuk membuat presentasi mereka dengan lebih baik lagi. Selain itu, pengguna juga diminta tidak memainkan musik terlalu keras.

Wadah bagi Generasi Muda

Berdasarkan survei yang dilakukan Statista, TikTok saat ini menempati peringkat kedua pada daftar jejaring sosial yang diminati Gen Z dan milenial. Sebanyak 91% responden mengaku menggunakan aplikasi ini.Bahkan berdasarkan laporan Wallaroo Media, TikTok saat ini diperkirakan memiliki pengguna bulanan mencapai 80 juta.

Melihat demografi dari penggunanya, TikTok tampaknya ingin menjangkau lebih banyak audiens dengan menjawab kebutuhan mereka. Terlebih lagi, dunia kerja kini mulai diisi oleh Gen Z dan milenial yang cukup akrab dengan platform ini.

Untuk mengakses resume, pengguna bisa mengklik #TikTokResumes di aplikasi atau mengunjungi www.tiktokresumes.com. Saat ini, fitur terbaru TikTok hanya bisa diakses di Amerika Serikat. Tapi, bukan tidak mungkin anak perusahaan ByteDance ini akan memperluas peluncurannya ke negara lain.

MARKETEERS X








To Top