Lifestyle & Entertainment

TikTok Dukung Revolusi Industri Fesyen di Platform Digital

TikTok bersama beberapa pemain di industri fesyen Indonesia membahas potensi pemanfaatan TikTok sebagai platform digital. Krisis pandemi global akibat COVID-19 telah memiliki dampak yang signifikan dalam industri fesyen. Berdasarkan laporan dari Bain & Company, disebutkan bahwa kerugian bisnis fesyen diprediksi akan mencapai sebanyak 60% akibat pandemi global ini.

Di Indonesia sendiri, dampak pandemi sangat terasa bagi pemain di industri fesyen, yang berimbas pada penutupan toko fisik dan pemangkasan biaya marketing. Penyelenggara acara fashion show juga harus memutar otak untuk tetap dapat menampilkan karyanya kepada para penikmat fesyen dan pemangku kepentingan lainnya.

“Di saat sebagian besar orang masih membatasi kegiatan di luar rumah, fashion brand dan desainer harus cerdas dan cepat mencari cara baru agar selalu terhubung dengan pelanggan, serta menghadirkan kreativitas baru di bidang fashion kepada para penggemar karya mereka,” kata Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week.

Hal yang sama diungkapkan oleh Ria Sarwono, Brand & Marketing Director, Cottonink, menurutnya platform digital sudah menjadi bagian dalam perjalanan Cottonink sejak awal. Namun dengan adanya berbagai challenge seru dan kreatif di TikTok, memberikan cara baru bagi Cottonink menyampaikan koleksi terbarunya.

Di TikTok, konten fashion merupakan salah satu konten terpopuler, baik oleh pengguna di Indonesia maupun di seluruh dunia. Kreativitas pengguna TikTok menjadi satu hal yang dimanfaatkan oleh para brand fashion kelas dunia, mulai dari menyampaikan pesan brandnya, memasarkan koleksi terbaru, hingga mencari muse untuk desainnya.  

“Kami melihat bagaimana industri fesyen menemukan berinteraksi dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok selama masa pandemi, dan mendorong kreativitas pengguna untuk menghadirkan fesyen papan atas dari rumah mereka masing-masing,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia.

Peluncuran kerjasama antara TikTok Indonesia dengan Jakarta Fashion Week menghadirkan virtual fashion show festival pertama di Indonesia menurut Angga merupakan cara lain bagi mitra brand untuk memanfaatkan pendekatan yang otentik dan didorong oleh komunitas yang ada di TikTok.

MARKETEERS X








To Top