Digital

TikTok Makin Serius Garap Konten Fesyen

Sumber: TikTok

Industri fesyen dan hiburan tidak dapat dipisahkan. Kedua industri ini saling melengkapi baik dalam bentuk isi konten atau bagian dari estetika konten. Secara perkembangan, keduanya tumbuh bersama dengan tren yang tidak jauh beda. Dengan perkembangan teknologi, peran kedua industri ini semakin mengisi satu sama lain dan membuka peluang baru.

Fesyen dilirik oleh TikTok sebagai konten yang menarik untuk dikembangkan. Pada musim fashion week awal tahun 2021, TikTok berhasil berpartner dengan sejumlah penyelenggara fashion show ternama dunia untuk menggaungkan gelarannya. Sejumlah merek fesyen bahkan berhasil membangun interaksi dengan konsumennya selama gelaran fashion week melalui TikTok.

“TikTok berusaha memberikan akses kepada komunitas keator untuk menampilkan karya mereka, dalam hal ini desan fesyen mereka. Pada awal tahun 2021, kami telah membuktikan bahwa TikTok bisa menjadi kanal komunikasi yang efektif untuk merek fesyen mewah. Artinya, bisa mendukung rising fashion brand yang ingin meningkatkan awareness brand-nya,” kata Angga Anugerah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia.

Konten fesyen di TikTok (Sumber: TikTok)

Untuk mendukung perkembangan konten fesyen, TikTok menghadirkan empat challenge. Pertama, transisi before and after yang dapat menjadi inspirasi penampilan fesyen dan makeup. Kedua, inspirasi fesyen ala TikTok yang dapat menjadi sumber ide untuk melakukan mix and match atau menciptakan desain fesyen baru. Ketiga, inspirasi makeup ala TikTok yang merupakan pelengkap penampilan. Keempat, tren makeup lama vs tren makeup 2021 untuk membandingkan tren riasan wajah guna memberikan inspirasi baru.

Lebih lanjut, semua challenge ini menjadi bagian dari program TikTok Fashion Month selama Maret. Uniknya, program ini dilakukan di banyak negara. Angga mengklaim program ini dapat menjadi inspirasi konten dan look untuk para pengguna TikTok dengan cakupan yang lebih luas.

“TikTok bekerja sama dengan sejumlah pemain dan penyelenggara fesyen ternama seperti Paris Fashion Week dan British Fashion Council. Juga dengan sejumlah merek ternama, seperti Barliasmara, Dear Me Beauty, dan penyanyi Rahmania Astarini untuk memeriahkan konten dan berbagai aktivitas,” tambah Angga.

Program baru ini berlangsung mulai 1 hingga 28 Maret 2021 dengan beragam tagar untuk meramaikan konten. TikTok juga akan menghadirkan peragaan busana dari berbagai merek dengan challenge dengan hadiah untuk para kreator.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top