TikTok Shop Bantu UKM Tarik Pelanggan lewat Shoppable Livestream

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
10 November 2022
marketeers article
Sesi diskusi bertajuk Shoppable Live Stream Sebagai Tren Baru Belanja Online di Indonesia bersama Rahman Robbani, Brand Manager Roughneck 1991; Desey Muharlina Bungsu, Fashion Category Lead, TikTok Shop Indonesia; Bima Laga, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). | Foto: TikTok

TikTok Shop terus memperkuat konsep shoppertainment dengan mengembangkan tren shoppable livestream. Aktivitas ini mempertemukan penjual atau merchant untuk berinteraksi dan menghibur audiens mereka tanpa meninggalkan aplikasi.

“Kami menghadirkan fitur yang mendukung pengguna untuk menikmati konten yang menghibur kemudian baru mengajak mereka berbelanja seperti livestream dan video pendek. Ini sesuai dengan konsep yang kami usung,” ujar Dersey Muhalina Bungsu, Fashion Category Lead TikTok Shop Indonesia dalam pernyataan resmi yang diterima Marketeers.

Shoppable livestream kini telah menjadi alternatif dalam perdagangan modern. Merek atau perusahaan dari berbagai skala, termasuk UKM jadi memiliki ragam cara kreatif untuk menarik pelanggan dan mengembangkan bisnisnya.

Berdasarkan studi Ipsos bertajuk SEA Ahead Wave 5 terdapat sekitar 69% konsumen di Asia Tenggara telah mengakses shoppable livestream. Dan, sebanyak 66% telah membeli produk melalui fitur ini.

Di pasar Indonesia, sebanyak 78% konsumen mengaku pernah mendengar dan mengetahui alternatif belanja melalui shoppable livestream. Sebesar 71% mengaku telah mencobanya dan sebanyak 56% telah membeli produk lewat fitur tersebut.

Shoppable livestream merupakan inovasi marketing yang dapat menjangkau lebih banyak pembeli potensial dengan cakupan yang lebih luas. Fitur ini sangat relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat, khususnya Gen Z dan milenial di era social commerce. Terlebih lagi, sekarang konsumen cenderung memanfaatkan platform digital untuk mencari informasi dan inspirasi sambil berbelanja,” tutur Bima Laga, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

Lebih lanjut, Bima menjelaskan shoppable livestream dapat meningkatkan engagement penjual dan brand partner dengan konsumen. Fitur seperti ini juga memungkinkan mereka memberikan pemahaman yang lebih baik terkait produk. 

Dengan demikian, mereka dapat menjaga share of mind untuk mempertahankan penjualan mereka. Harapannya, kegiatan ini akan terus berkembang dan bisa memberikan dampak positif lebih besar bagi perekonomian Indonesia ke depannya.

Selain kegiatan livestream, fitur video pendek  juga menjadi pilihan brand dan merchant di TikTok Shop untuk memasarkan produk mereka melalui konten yang menghibur.

Desey menambahhkan perusahaan terus memberikan dukungan penuh kepada brand atau penjual mulai dari merintis usaha, inkubasi, hingga mengembangkan bisnis. Banyak UKM di TikTok semakin diberdayakan melalui program unggulan reguler mereka seperti TikTok Shop Seller Conference, Program Inkubasi Penjual TikTok Shop, Program Follow Me, dan Maju Bareng TikTok.

Related