Opinion

Tips Berbisnis di New Normal ala Instagram

Para pelaku UKM didorong untuk bangkit dan menghidupkan kembali roda perekonomian. Sebagai upaya untuk mendukung para pelaku UKM, Instagram mengadakan Instagram LIVE Akademi yang membicarakan mengenai tips strategi bisnis UKM untuk menghadapi new normal.

Berikut tips strategi berbisnis bagi para pelaku UKM selama era new normal.

Bangun Eksisten Bisnis

Di masa sekarang ini, para pelaku UKM harus berinovasi dan memanfaatkan peluang yang disediakan. Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh para pelaku dalam membangun eksostensi mereka di Instagram adalah mengubah profil Instagram menjadi profil bisnis.

Dengan menggunakan fitur Profil Bisnis, para pelaku UKM dapat memperoleh insights secara realtime tentang kinerja Stories dan postingan Feed, karakteristik para followers, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan postingan. Para pelaku UKM yang menggunakan Profil Bisnis juga dapat melakukan promosi dan beriklan.

“Para pelaku bisnis harus dapat menganalisa interaksi konsumen, peforma penjualan, dan karakteristik konsumen mereka secara berkala. Analisa bisnis ini akan sangat membantu para pelaku bisnis untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif,” ujar Luna Maya, CEO dan pemilik bisnis namabeauty.co

Tonjolkan Karakter Utama Bisnis

Menurut data internal Instagram, dua dari tiga pengunjung Profil Bisnis di Instagram bukan berasal dari followers. Karena itu, feed profil bisnis harus bisa menjadi etalase online. Para pelaku UKM kemudian dituntut untuk dapat membuat nama bisnis yang menarik, menulis informasi seputar bisnis yang lengkap pada bagian bio, dan selalu fokus pada enam foto teratas pada feed.

Manfaatkan Fitur di Instagram

Instagram mendorong para pelaku UKM untuk memaksimalkan seluruh fitur bisnis Instagram untuk membangun eksistensi bisnis, menjaga interaksi, dan mendorong terjadinya penjualan. Seperti fitur IG LIVE yang dapat mempertahankan komunikasi dengan konsumen.

“Fitur IG Live juga bisa membantu bisnis untuk mengadakan online bazaar interaktif,” kata Zaskia Adya Mecca, pemilik bisnis fashion muslim Meccanism Indonesia.

Selain IG TV, para pelaku juga dapat mempromosikan produk melalui cerita bisnis dengan memberikan behind the scenes dari pembuatan produk melalui fitur Stories.

Jaga Interaksi dengan Konsumen

Di tengah situasi ini, menjalin komunikasi dua arah dengan para followers juga dapat menjadi kunci dalam mempertahankan bisnis. Dengan terbatasnya aktivitas di toko offline, interaksi online menjadi opsi utama yang digunakan para konsumen untuk mencari tahu mengenai produk dan ketersediaan produk sebelum melakukan pembelian.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top