Lifestyle

Tips Jaga Rambut Balayage Tidak Cepat Pudar

SUMBER: L'OREAL

Mewarnai rambut masih menjadi opsi untuk mempercantik penampilan. Salah satu tren rambut yang diperhatikan selain model atau gaya dari potongan rambut adalah warna. Balayage menjadi satu teknik pewarnaan yang masih menjadi favorit bagi banyak orang.

Pilihan tone warna favorit untuk teknik ini pun cukup spesifik jatuh ke dua warna, yaitu ash dan ash brown. Hal ini dikarenakan balayage sendiri fokus pada estetika yang harmonis antara warna terang dan gelap pada rambut sehingga menghasilkan gradasi yang cantik.

Karenanya, penting bagi hairdresser untuk bisa mengombinasikan gradasi warna yang terlihat seimbang. Setelah pewarnaan selesai, hal yang perlu diperhatikan adalah perawatan untuk menghindari hasil pewarnaan cepat pudar.

“Pada dasarnya, rambut yang diwarnai memang akan pudar, menguning perlahan. Frekuensi keramas juga memengaruhi hal ini, tetapi ada yang bisa dilakukan untuk menghindari hasil warna yang cepat pudar atau brassy,” ujar Head of Education L’Oreal Professionel Indra Tanudarma.

Indra pun membagikan tips untuk mendapatkan rambut balayage yang terawat, tidak mudah pudar. Pertama, menghindari penggunaan air yang terlalu panas untuk keramas. Selain itu frekuensi keramas pun harus diperhatikan. Untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap bersih serta warna yang bertahan, Anda cukup keramas dua hari sekali.

Kedua, gunakan shampo khusus untuk perawaatan rambut balayage. Shampoo dengan kandungan deterjen rendah sangat dianjurkan karena bisa memperlambat lunturmnya warna rambut. Teknik keramas juga dianjurkan hanya memijat lembut secara menyeluruh dan tidak kasar.

Ketiga, pemilihan kondisioner. Sama seperti frekuensi keramas, penggunaan kondisioner bisa dilakukan secara ideal dua hari sekali. Selanjutnya, menggunakan masker rambut. Karena, perawatan lengkap dapat meningkatkan rambut sehingga warna rambut tidak cepat pudar.

Keempat, hindari penggunaan mechanical tools yang terlalu panas. Dalam hal ini, contohnya adalah alat curler atau straightener. Perhatikan suhu alat styling rambut ini agar tidak melebihi 160 derajat celcius. Sebab, alat ini bisa membuat rambut menjadi kering.

Setelah melakukan pewarnaan rambut, penting bagi Anda untuk menjaga kondisi kesehatan rambut agar rambut tetap sehat. Caranya pun bisa dilakukan dari rumah saja. Pastikan berkomunikasi dengan hairdresser untuk mendapatkan saran perawatan rambut yang baik dan benar menyesuaikan kondisi rambut Anda.

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top