Digital

Tips Jitu Jual Mobil Bekas Ala Carsome

SUMBER: CARSOME

Pemerintah resmi memberikan relaksasi untuk Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen untuk mobil berkapasitas mesin di bawah 1.500 cc. Relaksasi ini tampaknya dilakukan pemerintah untuk menstimulasi konsumsi masyarakat serta mendorong pemulihan industri otomotif nasional.

Dengan adanya peraturan baru ini, Carsome memperkirakan minat masyarakat membeli dan menjual mobil akan meningkat dikarenakan peraturan ini. Terlebih lagi jika melihat hasil dari Carsome Consumer Survey, masyarakat cenderung menghindari transportasi umum dan memilih menggunakan kendaraan pribadi karena kekhawatiran tertular COVID-19.

“Ketika masyarakat beralih ke mobil baru akan ada peningkatan suplai untuk mobil bekas. Carsome mengantisipasi akan ada lebih banyak orang yang membutuhkan layanan Carsome untuk menjual mobil mereka saat ini,” ujar General Manager Carsome Indonesia Delly Nugraha.

Jual-beli mobil bekas daring tentu tidak mudah terlebih lagi bagi mereka yang belum terbiasa melakukan transaksi secara online. Carsome ingin hadir menjembatani calon penjual dan pembeli agar proses jual-beli ini bisa berlangsung dengan cepat dan terpercaya. Sebab itu, Carsome membagikan sejumlah tips untuk menjual mobil lama dengan mudah.

Periksa Kondisi Mesin dan Kelengkapan Mobil

Sebelum membeli mobil bekas, banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari kesehatan mesin hingga interiornya. Periksalah apakah ada tetesan oli atau bunyi-bunyi yang terdengar kasar dari kendaraan. Perhatikan pula kondisi interior. Akan lebih baik lagi jika dilakukan pemeriksaan oleh montir profesional.

Cuci dan Lakukan Detailing Mobil

Penting untuk membuat mobil Anda terlihat bersih saat ditawarkan kepada pembeli. Pastikan pembersihannya menyeluruh bahkan hingga kolong mobil. Pasalnya, jika mobil terlihat cantik dan terawat tentunya akan semakin menarik bagi pembeli.

Ketahui Harga Jual Sesuai Kondisi Mobil

Setelah memastikan kondisi mobil secara keseluruhan aman dan terawat. Maka penting untuk mencari tahu harga mobil Anda sesuai dengan kondisinya. Harga mobil biasanya dipengaruhi banyak faktor seperti pajak, kesehatan mesin, jumlah kilometer, hingga interior dan eksteriornya.

Persiapkan Dokumen Penting

Kelengkapan dokumen juga penting dan menjadi pertimbangan bagi calon pembeli ketika hendak membeli mobil. Karena itu, penjual mobil harus menyiapkan semua yang dibutuhkan di antaranya BPKB, STNK, lembar pajak, bukti pembelian, salinan KTP pemilik mobil, Form A, serta kwitansi kosong untuk balik nama kendaraan.

Pilih Platform dengan Proses Mudah

Menjual mobil bekas bisa jadi proses yang memakan waktu serta melelahkan. Terlebih lagi dengan keterbatasan karena pandemi. Sebab itu, platform daring bisa jadi pengalaman yang baik bagi para penjual mobil bekas maupun pembeli.

Namun, tetap saja penting untuk memilih platform yang tepat. Carilah platform yang memiliki proses mudah, cepat, aman, serta menjamin transparansi. Carsome sendiri menawarkan layanan tersebut. Tidak hanya layanan yang memungkinkan mobil terjual dalam 24 jam, Anda juga bisa mendapat inspeksi kendaraan secara gratis serta dibantu dalam pengurusan dokumen.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top