Tips Membangun Kredibilitas Merek

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
17 November 2022
marketeers article
Sumber: 123RF

Dalam berbisnis, membangun kredibilitas merek sangatlah penting. Ini merupakan salah satu cara agar produk atau merek yang dimiliki dapat lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. 

Dengan demikian, produk atau merek tersebut akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk dibeli dan direkomendasikan oleh masyarakat. Reza Syahdan, Reseller and Community Manager Ralali.com memberikan tips agar para penjual, terutama usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) dan reseller membangun kredibilitas produk ataupun merek yang mereka miliki. Pertama, tentukan produk yang tepat.

BACA JUGA: Dukung Inklusi Keuangan RI, ADB Setujui Pinjaman Rp 7,5 Triliun

“Lakukan riset tipe kategori produk yang sedang diminati masyarakat dan dapat menjangkau target pasar yang luas. Cari tahu peluangnya, dan pelajari dengan detail mengenai kualitas, harga, dan margin produk serta kompetitor yang memiliki produk serupa,” kata Reza dalam acara NGOPI (Ngobrol Pintar) UKM bertemakan Jurus Branding Tanpa Pusing, Kamis (10/10/2022).

Kedua, cari supplier yang cocok. Sebelum menentukan supplier, pahami dan riset supplier dengan baik. Perhatikan kualitas produk yang mereka jual, ulasan dari pelanggan, pelayanannya, keamanan, hingga kecepatan pengiriman.

BACA JUGA: Amartha: Mitra UKM Kantongi Peningkatan Pendapatan hingga 38%

“Penting juga untuk menyediakan beberapa pilihan supplier untuk dijadikan perbandingan. Pilihlah supplier yang tepat sesuai kebutuhan, dan cari tahulah mengenai jaminan keamanan belanja kepada supplier tersebut, apakah mereka memiliki kebijakan garansi atau pengembalian produk apabila pesanan tidak sesuai,” ujar Reza.

Ketiga, memasarkan produk dengan branding yang kuat. Hal ini bisa dimulai dari media sosial pribadi atau usaha untuk menjangkau lebih banyak orang mengetahui produk yang dijual. Selanjutnya, amati tren yang ada di internet dan buatlah konten promosi menyangkut tren tersebut.

“Penting juga untuk memiliki online presence usaha yang kalian miliki. Selain itu, penting juga untuk meminta pelanggan setia untuk memberikan testimoni terkait produk yang kalian jual agar calon pelanggan semakin mempercayai kredibilitas usaha kalian,” ujar Reza.

Keempat, manajemen kegiatan operasional. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat packaging yang unik, memiliki ciri khas, dan menarik. Selain itu, penjual juga dapat memberikan free sample hingga voucher tertentu ke pelanggan. Terakhir, bangun hubungan dengan pelanggan.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related