Lifestyle

Tips Memilih dan Menata Furnitur yang Ideal

Ilustrasi: 123RF

Furnitur bukan saja berfungsi sebagai pelengkap sebuah hunian, tapi juga memberikan gaya dan kesan yang unik saat diaplikasikan dalam ruangan. Beberapa bentuk perabot juga memiliki nilai esensial, yang berarti harus dimiliki setiap rumah. Prioritas inilah yang perlu kita pahami bersama. Harapannya, kamu tidak hanya memiliki furnitur yang tepat sebagai dekorasi, tapi juga memberikan nilai fungsional. 

Mengutip dari situs furniture Ruparupa, perabot pertama yang  direkomendasikan adalah meja konsol. Umumnya, meja ini diletakan pada dinding, dan memiliki fungsi yang bervariasi. Kamu bisa menggunakannya sebagai tempat untuk meletakan pajangan, seperti figura, dan hiasan mewah. Selain itu, kehadiran meja konsol dapat menciptakan efek visual yang kuat. Tidak heran jika setiap rumah harus memilikinya.

Daftar perabot berikutnya adalah meja tamu, yang  bisa menjadi furnitur untuk menghubungkan antarruangan dan menambah elemen dekorasi di sekitarnya. Jika bicara tata cara meletakkannya, maka meja tamu akan lebih ideal berada di tengah area duduk, yaitu antara sofa dan kursi. 

Agar semakin sempurna, kamu bisa menambahkan tanaman hijau, atau dekorasi lainnya yang dapat disesuaikan. Namun, yang harus diperhatikan sebelum membelinya adalah pastikan untuk mengukur perabotan tersebut terlebih dahulu. 

Pertimbangkan ukuran yang sesuai, tidak terlalu besar atau kecil, serta buatlah perbandingan ukuran antara sofa dan meja. Jika ingin memaksimalkan fungsinya, pilihlah perabot dengan penyimpanan built in

Selain itu, jangan lupakan juga kursi untuk melengkapi furnitur yang kamu pilih. Jika memiliki kapasitas ruangan yang besar, maka ukuran kursi tidak menjadi masalah. Lalu, bagaimana jika ruang mungil? Tidak perlu khawatir, cukup gunakan sofa bed, yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai, maupun beristirahat pada malam hari. 

Jika diperlukan, kamu bisa menambahkan beberapa jenis kursi lipat, yang dapat disimpan secara tersembunyi di bawah sofa. Dengan langkah cerdik ini, kamu tidak perlu khawatir memikirkan tempat yang terbatas, serta dapat menciptakan kesan yang lebih luas.

Setelah area ruang tamu, mari berpindah ke dapur. Pada area ini, perabot yang harus dimiliki adalah kabinet. Fungsi dari kabinet adalah untuk menyimpan aneka perlengkapan memasak, serta peralatan makan dan minum. 

Nah, supaya kamu lebih mudah saat mencari perlengkapan dapur yang dibutuhkan, pastikan untuk mengelompokkan sesuai dengan jenisnya. Tempat penyimpanan ini juga bisa memberikan kesan lapang, serta memudahkan kamu untuk bergerak bebas di area dapur. 

Pertimbangkan juga untuk memilih meja makan dengan ukuran yang pas, agar nantinya tidak menghalangi ruang gerak sehari-hari. Supaya lebih praktis, kamu bisa menggunakan furnitur yang memiliki tempat penyimpanan ekstra, seperti laci, untuk meletakan beberapa peralatan berukuran kecil. 

Sempurnakan juga area dapur dengan menambahkan penerangan yang cukup sehingga bisa memberikan kesan lebih luas dan dapat membuat suasana lebih nyaman. 

Area outdoor 

Pada area luar ruangan, pemilik rumah dapat lebih berkreasi lagi. Misalnya, dengan memberikan dekorasi yang cantik, seperti tanaman hijau dan kursi taman. Namun, pengaplikasiannya pada setiap area luar ruangan tidak bisa sama karena setiap orang memiliki jumlah lahan yang berbeda. 

Jangan khawatir, jika kamu hanya memiliki lahan terbatas. Kamu bisa menggunakan tanaman gantung atau letakan pada rak susun. 

Sementara, untuk kami yang memiliki area luas, bisa memilih beraneka macam tanaman yang cantik dan meletakkan pada posisi yang tepat agar terlihat lebih estetik. Tambahkan penerangan yang cukup untuk menambah keindahan saat malam hari. Kuncinya adalah soal keseimbangan dan penataan yang harus diperhatikan secara mendetail.

Hal lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah pastikan untuk membeli semua furnitur pada platform yang dapat menjamin kualitas. Jangan sampai tergiur harga murah, tapi hanya dapat digunakan untuk waktu singkat. 

Positioning ini yang dibangun Ruparupa sebagai ecommerce di Indonesia yang menjual berbagai perlengkapan furnitur indoor dan outdoor, seperti jual kursi, bangku, meja teras, dan peralatan lainnya, 

Ruparupa merupakan gabungan dari beberapa brand milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Toys Kingdom dan berbagai merek lainnya yang terpercaya.

Soal daya saing, Ruparupa menawarkan berbagai  penawaran eksklusif, seperti potongan harga, cashback, dan flash sale, yang diadakan dua kali dalam seminggu. Selain itu, kamu juga bisa memilih berbagai metode pembayaran yang dapat dipilih sesuai keinginan. 

Most Popular








To Top