Tips Memilih Sumber Dana untuk Usaha

marketeers article

Ketika seseorang membangun sebuah bisnis, hal mendasar yang dipikirkannya ialah darimana uang untuk modal akan dia dapatkan, dalam rubrik hari ini, kita akan memberikan beberapa tips bagaimana memilih sumber dana yang cocok untuk bisnis anda. Setiap bisnis memerlukan uang untuk bisa dijalankan, hal ini tidak lepas dari kebutuhan pebisnis untuk membangun bisnis yang ada. Persiapan mulai dari sewa atau beli bangunan, perlengkapan, sampai pada gaji karyawan pada awal start up business memerlukan uang. Pebisnis akan dihadapkan pada permasalahan apakah dia harus menggunakan uang sendiri, meminjam dari orang-orang terdekat, meminjam kepada bank, atau mencari business angel, pada topik sekarang kita akan membahas pilihan-pilihan yang terbaik bagi pebisnis untuk melakukan start-up.

Ilustrasi : http://acoxadjie.files.wordpress.com/2010/02/uang1.jpg

Menggunakan uang sendiri

Seorang pebisnis saat melakukan start up bisa menggunakan uang sendiri untuk memulai bisnisnya, hal ini tidak terlalu beresiko karena menggunakan uang sendiri  berarti menanggung resiko sendiri. Menggunakan uang sendiri pada saat start up business memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihannya yaitu mengurangi beban pikiran dari businessman, karena apabila dia meminjam maka menambah pikiran bagaimana akan mengembalikan pinjaman tersebut. Di lain pihak, dengan menggunakan uang sendiri, pebisnis membatasi inevestasinya dan bisa membuat usahanya “terlalu kecil”.

 

Meminjam dari orang-orang terdekat

Apabila seorang businessman merasa uang tabungannya belum cukup namun memiliki keinginan yang kuat untuk membangun sebuah bisnis, salah satu jalan ialah meminjam. Salah satu sumber yang paling aman dan bisa terpercaya dalam meminjam uang untuk investasi adalah dari orang-orang terdekat. Orang-orang terdekat bisa termasuk keluarga, teman, pasangan hidup, dan lainnya. Meminjam uang dari keluarga memiliki kelebihan yaitu mengurangi beban pikiran, lebih cepat “cair” dan tidak memiliki bunga. Kekurangan dalam metode ini yaitu terbatasnya jumlah uang yang akan kita dapatkan dari meminjam dari orang-orang terdekat

 

Meminjam dari Bank

Apabila memang merasa perlu, seorang businessman bisa menambah investasinya dengan cara meminjam dari bank. Kelebihan dari metode ini yaitu investor bisa meminjam uang lebih banyak dibanding dengan meminjam dari keluarga, namun kekurangannya yaitu memiliki bunga yang harus dibayar, menambah beban dalam pikiran karena harus membayar ke bank, dan yang paling buruk adalah jika tidak mampu membayar maka bank memiliki hak untuk menyita atau membangkrutkan usaha kita

 

Business Angel

Seorang bisnisman apabila merasa bahwa idenya cukup briliant, maka dia bisa berkunjung kepada seorang business angel. Business angel adalah seseorang atau instansi yang mau menyalurkan investasinya untuk bidang usaha tertentu. Kelebihannya adalah uang yang didapat bisa bukan merupakan pinjaman (menjadi hibah) dan menambah investasi tanpa menambah resiko namun kekurangan metode ini adalah apabila kita gagal dalam melaksanakan, maka kita akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat.

 

Setelah melihat keempat metode ini, kita bisa mengetahui kebutuhan kita dalam memilih metode apa yang terbaik untuk sumber dana kita. Sekarang pilihan kita sendiri mau memilih yang mana, yang jelas semua metode memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Related