Tips Meracik Kopi ala Miki, Juara World Barista Championship 2024

marketeers article
Tips Meracik Kopi ala Juara World Barista Championship 2024. (123rf.com)

Jawara World Barista Championship (WBC) 2024 berasal dari Indonesia, Mikael Jasin membagikan tips meracik kopi di rumah yang rasanya setara dengan kopi dari kafe ternama.

 

Pria yang menerima penghargaan dari ajang yang digelar di Korea Selatan ini juga memberikan panduan menikmati kopi untuk pengalaman yang berbeda.

Pria yang akrab disapa Miki ini menekankan bahwa untuk menciptakan kopi yang nikmat, tidak perlu menggunakan peralatan kafe yang profesional. Hal terpenting adalah penggunaan bahan-bahan berkualitas.

“Sebenarnya yang penting sama aja kayak komersial, yang penting bahannya yang paling bagus yang bisa kita dapatkan. Jadi gak harus selalu mesinnya yang paling bagus, tapi bahannya sendiri harus bagus. Baik itu kopinya ataupun susunya,” kata Miki di acara Arummi Foods beberapa waktu lalu.

Miki menambahkan bahwa pemilihan biji kopi (beans) sangat bergantung pada preferensi individu. Biji kopi robusta dan arabika, misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

BACA JUGA: Viral Kim Go Eun Berkunjung ke Garut, Syuting Iklan Kopi?

“Misalnya lagi butuh kafein yang lebih banyak ya, robusta. Butuh kafein yang ga begitu banyak ya, arabika,” ujar Miki.

Selain itu, pemilihan jenis susu juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi individu. Miki menekankan pentingnya mempertimbangkan alergi atau intoleransi laktosa. Menurutnya, susu sapi bisa digantikan dengan alternatif seperti susu kedelai, oat, atau kacang mede.

“Sebenarnya ada dua pendekatan, ada fungsi dan hedonik. Untuk orang yang laktosa intoleran tapi masih ingin ngopi seperti ada susunya, itu bisa pakai alternative milk. Tapi selain itu juga bisa dari segi rasa, kayak saya ga laktosa intoleran, tapi saya juga suka minum susu alternatif karena rasanya unik, beda dengan rasa susu sapi,” ungkapnya.

Miki, yang pernah meraih juara keempat di WBC 2019, juga menjelaskan perbedaan karakteristik susu sapi dan susu non sapi ketika dicampur dengan kopi.

Ia menyebutkan bahwa susu sapi memiliki kandungan lemak dan protein yang berbeda, sehingga bisa mengubah rasa serta tekstur kopi.

BACA JUGA: Fore Coffee Hadirkan 3 Racikan Menu Kopi Terbaru, Ada yang Unik!

Sedangkan susu non laktosa memberikan cita rasa yang lebih creamy dan unik ketika dikombinasikan dengan kopi. Miki menceritakan pengalamannya menggunakan susu non laktosa saat bertanding di WBC 2024 di Korea Selatan. Saat itu, dia memilih varian susu non laktosa untuk menciptakan rasa yang berbeda.

Untuk membuat espresso, Miki menjelaskan bahwa ia menggunakan 80 ml susu non laktosa. Jumlah ini berbeda dengan kebutuhan komersial yang biasanya mencapai 150 ml.

“Penggunaan susu ini disesuaikan dengan jenis kopi yang digunakan agar menciptakan rasa yang optimal,” tutup Miki

Miki menggarisbawahi bahwa dengan bahan berkualitas dan pemahaman yang baik tentang komposisi, siapa pun bisa meracik kopi berkualitas tinggi di rumah.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related