Lifestyle

Tips Merawat Kelistrikan Mobil Ala Brand Ambassador Mitsubishi

Para pemilik mobil harus selalu rutin melakukan perawatan kendaraan. Terutama, bagi mereka yang suka melakukan modifikasi kendaraan.  Hal ini untuk memastikan keamanan dan keselamatan berkendara.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia memiliki konsep dalam merawat mobil, yakni POWERS. Ini merupakan kepanjangan dari petrol & paper, oil, water, electricity, rubber, dan safety. Kali ini, akan dibahas tentang electricity.

Pada kendaraan roda empat, electricity atau kelistrikan terdiri dari empat bagian utama, yakni kelistrikan bagian luar mobil, bagian interior, mesin mobil, dan dalam sistem keamanan kendaraan. Pada kelistrikan pertama, yakni pada body secara umum ada dua tipe kabel, yakni body harness dan engine harness.

Lalu, kelistrikan interior atau untuk bagian dalam mobil.  Ini bagian dari body harness. Tapi, bagian ini paling sering diubah karena mobil dimodifikasi, seperti pada audio, aksesoris, dan lainnya.

Bila dibedah lagi, body harness adalah kabel yang berhubungan dengan kelistrikan lampu, power steering, sound system, dan lainnya.  Sedangkan untuk engine harness itu berhubungan dengan kelistrikan pada mesin atau penggerak, yakni engine dan gearbox. Ini merupakan sistem kelistrikan yag berhubungan dengan electronic control unit (ECU) yang bisa disebut sebagia otak dari mobil.

Engine harnest jangan pernah dimodifikasi karena berpengaruh pada performa kendaraan. Mengontrol hampir semua sistem kelistrikan, dari ECU hingga sistem keamanan,” kata Rifat, hari ini (14/12/2021).

Berikutnya, kelistrikan ada sistem keamanan. Ini berhubungnan dengan kelisrikan pada mesin. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman sistem elektrikal pada fitur kenyamanan dan keamanan terintegrasi dengan engine harness.

Lalu, kelistrikan apa yang perlu kita perhatikan setiap hari? Memperhatikan sistem kelistrikan sangat penting, terutama saat musim hujan. Bagian yang perlu diperhatikan, di antaranya pastikan posisi lampu sesuai dan bisa menyala. “Jika sudah kusam segera bersihkan dengan cairan atau bahan pembersih khusus,” tambahnya.

Selanjutnya, pastikan lampu rem menyala. Hal ini terlihat sepele, namun bisa berakibat fatal di jalanan karena pengemudi di belakang Anda tidak tahu kalau Anda sedang mengerem. “Lalu, pastikan lampu sein juga menyala semua karena ini juga berpengaruh pada keselamatan berkendara di jalan raya,” jelas Rifat.

The Latest

To Top