Digital

Tips Sederhana Menjaga Retensi Followers di Instagram

Foto: Instagram @Bisnismillenial

Media sosial dewasa ini terus berkembang dan menjadi salah satu kanal pemasaran yang banyak dipilih pemasar. Cakupannya yang luas, biaya yang cenderung lebih rendah, dan memungkinkannya komunikasi dua arah dengan target audiens menjadikan media sosial kian digandrungi. Ditambah, adaptasi masyarakat Indonesia yang kian merata di banyak media sosial membuat kanal ini kian berpotensi mendatangkan keuntungan. Salah satu media sosial yang sedang ramai adalah Instagram.

Tidak hanya untuk berjualan, Instagram kerap dijadikan platform content marketing. Tujuannya adalah untuk menginspirasi, mengedukasi, dan mengumpulkan pengikut sebanyak mungkin. Seperti yang dilakukan oleh komunitas bisnis akun @Bisnismillenial. Akun yang fokus ke dunia bisnis daring ini, sering membagikan ilmu seputar dunia bisnis melalui Instagram. 

“Melalui akun @Bisnismillenial, kami ingin membagikan beragam informasi,  edukasi,  strategi juga inspirasi yang berkaitan dengan digital marketing,” ungkap Founder @Bisnismillenial Richard.

Melalui keterangan resminya, komunitas yang baru-baru ini mendonasikan Rp 300 juta lewat penjualan buku Master Secrets ini memberikan informasi sekaligus tips bisnis lewat Instagram dengan memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

Manfaatkan Instagram TV

Pengguna Instagram tentu sudah tidak asing dengan Instagram TV. Instagram TV diciptakan untuk pengguna yang suka mengunggah video dengan durasi lebih dari satu menit. Secara garis besar, Instagram TV tidak jauh berbeda dengan platform berbagi video, YouTube.

Lantas mengapa pelaku bisnis daring harus memanfaatkan Instagram TV? Hal tersebut bisa dilakukan pasalnya Instagram TV ke depannya disinyalir dapat menyaingi YouTube sebagai platform berbagi video terbesar saat ini. 

Untuk menggunakan Instagram TV, pengguna bisa langsung mengunggah video yang berdurasi lebih dari satu menit lewat aplikasi Instagram atau melalui aplikasi terpisah Instagram TV. 

Unggah ulang foto dan stories pengikut

Tips kedua ini memang terlihat sepele, tetapi justru bisa memberikan dampak yang bisa dikatakan besar. Cara untuk melakukan tips kedua ini adalah dengan memanfaatkan fitur stories dan feed di Instagram. 

Unggah pengumuman yang menyatakan bahwa akun bisnis Anda akan mengunggah ulang stories atau foto dengan syarat tertentu. Melalui cara ini, Anda memiliki peluang untuk meningkatkan jumlah pengikut.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengunggah ulang stories atau foto pengikut, antara lain adalah; pastikan foto yang akan diunggah ulang tersebut cocok dengan konten yang Anda sajikan. Selain itu, Anda juga harus pandai memilah foto yang cocok dengan target audiens dari bisnis Anda. Terakhir, lakukan pendekatan ini secara konsisten. 

MARKETEERS X








To Top