Communication

Tips & Trik Sukses Membuat Kampanye Ramadan di TikTok

Ilustrasi: 123RF

Bulan Ramadan tahun ini digadang-gadang kembali akan menjadi peak season belanja iklan dari para brand. Para brand ini bahkan telah bersiap diri dari jauh-jauh hari. Seperti yang diungkap oleh hasil survei TikTok pada Desember 2020. Kondisi ini pun menuntut para pemasar untuk meracik strategi komunikasi mereka di tengah persaingan di medan periklanan, termasuk di platform digital seperti TikTok.

“Aplikasi-aplikasi hiburan maupun platform digital berperan besar dalam membantu mempertahankan semangat Ramadan di tengah keterbatasan yang ada saat pandemi seperti sekarang ini,” ujar Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia.

Dengan audiens yang beragam di TikTok, para brand dituntut untuk menemukan cara baru demi merangkul dan berinteraksi dengan audiens baru. Pasalnya, audiens atau pengguna TikTok dapat memainkan peran penting bagi strategi komunikasi para brand. Bahkan, pengguna TikTok bukan tidak mungkin dapat menjadi brand ambassador yang otentik untuk suatu brand.

Lantas, bagaimana memaksimalkan aktivitas pemasaran di kanal TikTok? Berikut tips praktis bagaimana brand dapat memanfaatkan TikTok sebagai solusi pemasaran, khususnya selama Ramadan:

Gunakan Tagar yang Cocok

Berdasarkan survei yang dilakukan TikTok, ada beberapa ide tagar yang bisa digunakan untuk mempromosikan konten Ramadan. Mulai dari #semangatpuasa, #sambutramadhan, #bukberonline, #tutorialhijab, #ngabuburitseru, #mylebaranOOTD, hingga tagar-tagar lainnya yang pas untuk suasana bulan suci Ramadan.

Buat Hashtag Challenge

Untuk mengajak audiens Anda turut membuat konten yang akan meramaikan campaign, Anda bisa memancingnya dengan membuat hashtag challenge. Dengan cara ini pula, brand awareness juga akan meningkat.

Buat Branded Filter

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan membuat branded filter di TikTok untuk hasil kreatif yang lebih imersif. Cara ini sekaligus mengajak para audiens untuk menggunakan filter tersebut dalam video unggahan mereka.

Maksimalkan fitur-fitur kreatif di TikTok

Untuk membantu produksi konten video, Anda bisa memaksimalkan berbagai fitur kreatif yang ada di TikTok For Business, seperti video creation kit yang terdiri dari editing tools yang lengkap dan mudah digunakan. Ada pula Smart Video yang memungkinkan Anda membuat video hanya dengan mengunggah beberapa konten. Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang ada di dalam fitur ini akan bekerja dan membuat konten kian menarik.

Bagi Anda yang gemar bermain dengan audio, fitur Smart Video Soundtrack bisa dimaksimalkan. Fitur ini merupakan pustaka musik yang bisa dipakai oleh brand untuk menyampaikan pesan dengan lebih menarik, yang dilengkapi dengan ratusan musik dalam 10 genres (Teen, Classic, Country, Ambient, Pop, EDM, MIX, Symphony, Rock, and Folk).

Untuk menambah efektvitas dari konten yang dibuat, Anda juga bisa menggunakan TikTok AdStudio. Aplikasi resmi persembahan TikTok Ads ini akan memudahkan para brand dalam membuat konten iklan dari handphone mereka.

“Membuat konten kreatif di TikTok untuk para brand tidaklah sulit, bahkan dengan smartphone pun bisa. Yang terpenting adalah jalan cerita yang menarik dan sesuai dengan target audience. Sesuaikan juga dengan ciri khas brand dan manfaatkan fitur-fitur kreatif yang ada di dalam aplikasi TikTok. Misalnya fitur video creation kit, smart video, smart video soundtrack, atau TikTok AdStudio,” tambah perempuan yang akrab disapa Resti ini.

Ide konten di bulan Ramadan

Untuk membantu para brand menjalankan aktivitas pemasarannya, TikTok pun membuat sebuah survei mengenai tipe konten yang paling dinantikan pengguna TikTok selama Ramadan 2021. Bertajuk Survey TikTok Ramadhan insight 2021, survei mengatakan bahwa 78% audiens TikTok gemar melihat konten keagamaan.

Disusul konten soal makanan 71%, konten hiburan 69%, update dari keluarga dan relasi 64%, update keseharian 60%, dan konten seputar fesyen serta kecantikan 43%. Dengan berbagai panduan di atas, TikTok berharap para brand dapat memaksimalkan ide kreatif mereka dan meraih target pencapaian yang diinginkan, mulai dari brand awareness, engagement, hingga raihan penjualan.

Bagi Anda yang masih merasa bingung bagaimana cara memulai pembuatan kampanye pemasaran Ramadan di TikTok, Anda bisa mengunjungi TikTok for Business di link berikut https://www.tiktok.com/business/id.

MARKETEERS X








To Top