Tokopedia Bantu UKM Solo Tingkatkan Penjualan Lima Kali Lipat

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
19 Februari 2022
marketeers article
Tokopedia bersama dengan pemerintah kota dan mitra strategis terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk membantu UKM Solo dalam meningkatkan daya saing bisnis. Dan, teknologi dinilai menjadi salah satu solusi dalam upaya peningkatannya.
Dalam beberapa waktu terakhir, hal ini terbukti dengan kesuksesan Tokopedia dalam membantu meningkatkan penjualan UKM Solo hingga lima kali lipat. 
“Selama kuartal empat tahun 2021, UKM Solo yang bergabung di kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Solo Tokopedia, salah satu turunan inisiatif Hyperlocal, mengalami lonjakan transaksi hingga lebih dari lima kali lipat jika dibandingkan dengan yang belum mengikuti kampanye tersebut,” ungkap Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni.
Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa kampanye KTP juga mendorong tren belanja online masyarakat. Misalnya, kategori Rumah Tangga, Kesehatan, Fesyen, Elektronik hingga Makanan dan Minuman menjadi beberapa kategori Tokopedia yang paling laris di Solo sepanjang tahun 2021.
Demi meningkatkan keterampilan usaha UKM Solo, Tokopedia juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital setiap bulannya. Para UKM bisa mendapatkan pendampingan dan pembekalan dengan beragam topik terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan dari UKM mentor lainnya.
“Kami mengapresiasi upaya Tokopedia yang konsisten mendukung Pemkot Solo dalam mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital. UKM harus maju dan lebih melek teknologi agar dapat meningkatkan daya saing usaha sehingga masyarakat semakin mendukung produk UMKM dan pemulihan ekonomi nasional tercapai,” ujar Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Related