Digital

Tokopedia Gandeng Dekranas Hadirkan Pameran Online

Baru-baru ini, platform Tokopedia mengumumkan kolaborasinya dengan para mitra strategis, yaitu Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk menggelar Pameran Online Rumah Kriya Asri (RKA) hingga Desember mendatang. Adanya kolaborasi ini didukung dengan peningkatan penjualan produk batik melalui Tokopedia, yaitu hampir 2x lipat selama kuartal II 2021.

Kolaborasi ini  dilakukan sebagai bentuk komitmen Tokopedia untuk memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) lokal untuk tetap bisa beroperasi, walau di kondisi pandemi. Dalam kolaborasi ini, Dekranas akan mengusung tema lima Destinasi Superprioritas, yaitu Borobudur, Mandalika, Danau Toba, Labuan Bajo, dan Likupang.

“Toko Dekranas di Tokopedia akan menghadirkan puluhan UKM dengan ribuan produk kerajinan nusantara, termasuk batik. Kami juga memberikan tema untuk pameran ini, yaitu  lima destinasi Superprioritas. Harapannya, lewat pemanfaatan teknologi UMKM bisa terus menjadi tonggak pemulihan ekonomi nasional,” kata Wury Ma’ruf Amin, Ketua Umum Dekranas.

Salah satu perajin batik yang bergabung dalam pameran ini, Irmanita H. Sinurat, Pemilik Batik Marunda mengatakan bahwa sebelum bertransformasi digital, Irma memiliki kesulitan dikarenakan pendapatannya menurun hampir 80%. Oleh karena itu, Irma mencari cara untuk memasarkan produknya, dan akhirnya bergabung ke Tokopedia melalui Dekranas.

“Setelah bergabung di Tokopedia lewat program Dekranas, banyak sekali manfaat yang saya rasakan, mulai dari pelatihan terkait pemasraan produk secara online, kemudahan dalam bertransaksi, hingga promosi ke masyarakat yang lebih luas. Hasilnya, omzet produk saya meningkat kembali,” tutur Irma.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

MARKETEERS X








To Top