Tokopedia: Kategori Rumah Tangga Jadi Salah Satu Favorit di Tahun 2021

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
30 Maret 2022
marketeers article
Selama pandemi, masyarakat diimbau untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Hal ini membuat munculnya berbagai hobi baru, seperti mendekorasi rumah atau berkebun. Tokopedia pun merangkum sejumlah temuannya mengenai kategori yang menjadi favorit di platform belanja daring mereka.
“Tren belanja Tokopedia sepanjang 2021 pun menunjukkan kategori Rumah Tangga masih menjadi salah satu kategori favorit masyarakat,” ungkap Category Development Senior Lead (Home & Living Category) Tokopedia Fifa Itallia.
Benih Bibit Tanaman, Pupuk dan Pot Tanaman menjadi beberapa produk rumah tangga yang paling populer selama 2021 di Tokopedia. Fakta ini turut didorong oleh sederet inisiatif dari Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mendukung para pegiat usaha lokal dari industri yang berkaitan dengan rumah tangga.
Misalnya Home Living SALEbrations yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, Cantik Fest yang menyediakan berbagai kategori produk mulai dari Rumah Tangga, Kecantikan, Fesyen hingga Olahraga, serta Waktu Indonesia Belanja (WIB) yaitu festival belanja bulanan Tokopedia setiap tanggal 25 hingga akhir bulan.
Di sisi lain, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk lebih mendekatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) lokal pada kategori Rumah Tangga di berbagai daerah dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
“Didorong oleh inisiatif Hyperlocal ini, kami melihat Sumatera Selatan, Bali, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara dan Papua Barat menjadi beberapa provinsi dengan peningkatan jumlah penjual di kategori Rumah Tangga paling tinggi selama 2021 dibandingkan 2020,” tutup Fifa.
Tidak hanya barang atau produk dari kategori Rumah Tangga saja. Sejumlah kategori juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Misalnya saja dari kategori kesehatan. VP of Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak mengungkap sejumlah produk yang mengalami peningkatan seperti masker, essential oil, hingga perlengkapan olahraga.

Related