Tokopedia: Talenta Digital Berkualitas Bisa Mengembangkan Diri Sendiri

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
05 Agustus 2022
marketeers article
Ilustrasi talenta digital (Sumber: 123RF)
Membangun talenta di tengah pertumbuhan dari sebuah bisnis menjadi pekerjaan rumah bagi banyak perusahaan. Begitu juga bagi perusahaan e-commerce, Tokopedia. Perusahaan percaya, talenta yang berkualitas adalah mereka yang dapat berkembang seiring dengan perkembangan yang dialami oleh perusahaan.
Sejak didirikan tahun 2009, visi Tokopedia adalah menciptakan Super Ekosistem sebagai tempat bagi semua orang untuk bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia juga telah menjadi rumah bagi lebih dari 7.000 karyawan dan talenta digital di Indonesia.
“Kami percaya bahwa talenta yang berkualitas tidak hanya dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan, tetapi juga dapat mengembangkan diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Mereka secara bersama dapat membangun budaya kerja yang positif, baik di level tim maupun level organisasi secara keseluruhan,” ujar Melissa Siska Juminto, COO Tokopedia dalam laporan perusahaan.
Melihat talenta digital sebagai salah satu kebutuhan esensial dalam mendukung visi dan pertumbuhan perusahaan, Tokopedia menciptakan tempat kerja yang purpose-driven dan mengedepankan tiga nilai DNA. Tiga DNA dari Tokopedia, meliputi Focus on Consumer, Growth Mindset, dan Make it Happen, Make it Better.
“Kami berkomitmen untuk membantu para Nakama (karyawan Tokopedia) dalam menemukan dan mencapai purpose mereka sembari berusaha mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Menanamkan budaya, nilai, dan prinsip kerja yang baik merupakan kunci untuk mendapatkan talenta-talenta terbaik,” tutup Melissa.
Atas upayanya tersebut, Fast Company, perusahaan media global yang baru saja merilis daftar tempat kerja terbaik untuk inovator atau Best Workplaces for Innovators 2022, mengumumkan Tokopedia sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut.
Di dalam daftarnya, Fast Company memiliki 100 perusahaan yang masuk dalam daftar penghargaan tersebut, termasuk Google, Microsoft, Paypal, Citi, Adobe, DBS Bank, Siemens hingga Alnylam.
100 perusahaan kelas dunia itu datang dari berbagai industri dan bidang, termasuk ilmu komputer, biotech, consumer packaged goods, non-profit, pendidikan, layanan keuangan, keamanan siber, teknik, keragaman, keberlanjutan, B2B, serta konsumen produk dan layanan.
Dalam proses penilaian ‘Best Workplace for Innovators’ ini, Fast Company berkolaborasi dengan Accenture, salah satu perusahaan multinasional yang menyediakan layanan konsultasi di bidang digital, teknologi, kesehatan, keuangan, dan operasi. Fast Company dan Accenture menilai hampir 1.500 aplikasi melalui panel yang terdiri dari delapan juri terkemuka sebelum akhirnya memilih 100 perusahaan dengan nilai terbaik, termasuk Tokopedia.

Related