Tonjolkan Citra Ramah Lingkungan, Wuling Jadi Merek Pilihan Gen Z

marketeers article
Wuling raih YCA 2024. (FOTO: Marketeers/Nugraha Satia)

PT SGMW Indonesia alias Wuling Indonesia menjadi merek mobil listrik pilihan Gen Z versi Marketeers Youth Choice Awards (YCA) 2024. Merek kendaraan dengan logo lima berlian jadi pilihan karena dianggap ini mampu membangun citra ramah lingkungan melalui lini mobil listriknya.

Usai penyerahan penghargaan yang digelar dalam Jakarta Marketing Week (JMW) 2024 itu, Brian Gomgom, Public Relations Manager Wuling Indonesia mengungkapkan strategi dan pandangan perusahaan terhadap minat Generasi Z (Gen Z) yang semakin tinggi terhadap kendaraan ramah lingkungan. Pria yang akrab disapa Gomgom ini menjelaskan bahwa ada peningkatan minat dari Gen Z terhadap kendaraan listrik, terutama karena kesadaran mereka yang tinggi akan isu-isu lingkungan.

“Dengan bergesernya Wuling Air-EV dari hanya sebagai mobil listrik pertama menjadi mobil listrik yang sangat familiar untuk anak-anak muda, kami melihat adanya interest dari Gen Z akan kendaraan ramah lingkungan,” kata Brian Gomgom kepada Marketeers saat dijumpai dalam kegiatan yang digelar di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (15/5/2024).

BACA JUGA: Tampil Lebih Mewah, Harga Wuling Cloud EV Dibanderol Rp 398 Juta

Kesamaan minat antara Gen Z yang peduli terhadap lingkungan dan semangat Wuling untuk membawa semangat ‘drive for a better life’ membuat kendaraan listrik seperti Wuling Air-EV semakin cocok bagi mereka.

Selain itu, Brian juga menekankan pentingnya harga yang terjangkau untuk menarik minat generasi muda. Harga yang kompetitif membuat kendaraan listrik Wuling lebih mudah diakses oleh konsumen muda yang mungkin baru pertama kali membeli mobil.

“Dengan harganya yang terjangkau, Wuling Air-EV bisa jadi mobil pertama bagi para generasi muda,” ujarnya.

Dalam pasar electric vehicle (EV), merek ini telah menjalani perjalanan yang signifikan dalam memasarkan kendaraan listrik, mulai dari peluncuran Wuling Air-EV hingga model terbarunya yakni Cloud EV.

BACA JUGA: Lanjutkan Transformasi Berkelanjutan, PLN Dinobatkan Jadi Best of the Best BEMA 2024

Ketika ditanya tentang branding Wuling di mata Gen Z, Brian menjelaskan bahwa arahan perusahaan selalu konsisten dengan visi mereka untuk mendukung lingkungan yang lebih hijau.

“Gen Z memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan, sehingga mereka lebih cepat menerima teknologi mobil listrik,” kata dia.

Brian juga menyebutkan bahwa aspek praktikalitas dan rasionalitas, termasuk harga dan value for money, merupakan faktor penting dalam komunikasi Wuling dengan masyarakat Indonesia, khususnya Gen Z.

BACA JUGA: 5 Pesona Kenyamanan Mobil Awan Wuling Cloud EV

“Aspek praktikal dan rasional, termasuk harga dan value for money, itu yang menjadi komunikasi kami terhadap semua masyarakat Indonesia, termasuk generasi muda,” ujarnya.

Melalui strategi harga terjangkau, branding yang kuat, dan penekanan pada praktikalitas serta nilai ekonomi, merek ini pun berhasil menarik minat generasi muda terhadap kendaraan listrik mereka.

Selanjutnya, perusahaan ini terus berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan lingkungan sambil menyediakan solusi mobilitas yang terjangkau dan inovatif bagi konsumen Indonesia.

Dengan demikian, merek Cina ini tidak hanya berusaha memenuhi kebutuhan mobilitas generasi muda tetapi juga berkontribusi pada upaya global untuk lingkungan yang lebih hijau.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related