Automotive

Toyota Menggusur GM Jadi Penguasa Pasar Mobil Baru AS

Toyota Motors
Ilustrasi diler Toyota di Amerika Serikat (FOTO: 123RF)

Toyota menggusur posisi General Motors (GM) sebagai produsen mobil dengan penjualan terbanyak di Amerika Serikat. Berdasarkan data penjualan sepanjang tahun 2021, Toyota menjual sekitar 2,33 juta kendaraan di Amerika Serikat dibandingkan General Motors yang hanya mampu melepas 2,22 juta mobil buatan mereka ke tangan pembeli.

Ini merupakan kali pertama bagi General Motors tidak memuncaki daftar penjualan mobil di Amerika Serikat sejak tahun 1931, seperti dilansir dari laman Reuters. Keberhasilan Toyota menggusur GM dari posisi puncak produsen kendaraan terlaris di negeri Paman Sam itu juga menjadi momentum bagi mereka untuk melakukan ekspansi dan pengenalan produk baru pada tahun 2022.

“Betul bahwa Toyota berhasil menggusur GM dalam hal penjualan. Namun, hal itu bukanlah tujuan utama kami serta jauh dari pandangan kami mengenai langkah bisnis yang berkelanjutan. Toyota memusatkan perhatian untuk dapat memberikan pengalaman luar biasa kepada pelanggan dan optimistis menjalankan rencana strategi elektrifikasi,” kata Jack Hollis, Senior Vice President Automotive Operations Group Toyota Motor North America (TMNA).

Laju peningkatan angka penjualan mobil keluaran produsen asal Jepang tersebut meningkat 10,4% sepanjang tahun 2021 dari capaian sekitar 2,11 juta unit kendaraan pada tahun sebelumnya. Di sisi lain, anjloknya penjualan pesaing utama mereka hingga 12,9% pada periode yang sama jadi faktor penting capaian Toyota menggusur GM di pasar Amerika Serikat.

Toyota memiliki lima fasilitas produksi di Amerika Serikat, yang menghasilkan 70% kendaraan untuk dipasarkan dalam kawasan tersebut. Produsen asal Jepang itu beradaptasi dengan selera dan kebutuhan pasar mobil negara adidaya itu dengan merakit kendaraan berupa SUV hingga truk pikap berukuran besar selain model sedan hingga akhirnya Toyota mampu menggusur GM.

Sesungguhnya, baik Toyota maupun General Motors memiliki kendala serupa berupa kelangkaan chip semikonduktor, yang menghambat kinerja produksi kendaraan mereka sepanjang tahun 2021. Hanya saja, dampak lebih besar dialami oleh pihak GM yang kehilangan banyak pelanggan kategori fleet dari kalangan bisnis. Hal ini merupakan akibat keterbatasan produksi kendaraan sesuai permintaan.

General Motors mungkin merespons pencapaian Toyota di Amerika Utara pada tahun 2021 dengan optimisme dapat merebut kembali posisi teratas dalam waktu dekat, seperti disampaikan oleh beberapa pengamat yang dikutip oleh CNN Business. Strategi yang mereka siapkan untuk memacu pertumbuhan penjualan sepanjang tahun 2022, antara lain meluncurkan kendaraan truk dan SUV terbaru maupun kendaraan listrik.

Pencapaian fenomenal Toyota menggusur GM dari puncak penguasa pasar mobil di Amerika Serikat, merupakan tamparan keras bagi pabrikan yang bermarkas di Detroit, Michigan itu. Produsen kendaraan terakhir yang sukses melampaui angka penjualan General Motors di Amerika Serikat adalah Ford. Tepatnya pada tahun 1927 silam dan bertahan hanya dalam dua tahun.

Editor: Sigit Kurniawan

The Latest

To Top