Automotive

Toyota Perkuat Ekuitas Merek Lewat TOYOTA GAZOO Racing

TOYOTA GAZOO Racing
TOYOTA GAZOO Racing

Toyota terus memperkuat ekuitas merek mereka. Terbaru, melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) -sebagai agen pemegang merek kendaraan Toyota di Indonesia- meluncurkan brand TOYOTA GAZOO Racing (GR). Brand ini diperkenalkan dengan membawa spirit motorsport dalam menghadirkan lini kendaraan Toyota. Tercatat, ada delapan kendaraan Toyota yang akan ditempel label GR Sport ini.

Reputasi GR sudah sangat dikenal di motorsport dan dunia balap. Partisipasi kami di motorsport juga telah lama dilakukan dan terinspirasi dari semangat pendiri kami Kiichiro Toyoda,” ujar Susumu Matsuda, President Director PT TAM dalam acara virtual, Kamis (19/8/2021).

Bagi Toyota, motorsport adalah platform penting dalam mengembangkan produk yang semakin baik. Motorsport memberikan kesempatan bagi Toyota untuk mendorong kemampuan mereka hingga batas maksimal demi bersaing di pasar global. Dengan kata lain, motorsport mendorong inovasi dari Toyota. Di sini, Susumu memperkenalkan empat filosofi dasar Toyota dalam mengembangkan produk.

Pertama, perusahaan percaya bahwa roads build people and people build cars. Banyaknya jenis jalanan di dunia ini menantang Toyota mengasah indera mereka dalam membangun mobil. Kedua, diakui lingkungan balap adalah medan yang sangat keras. Banyak kondisi ekstrim dan kejadian tak terduga yang mengharuskan para pelakunya untuk membuat keputusan dalam waktu singkat.

Ketiga, tidak hanya melihat dan menguji mobil dalam jenis permukaan jalan yang berbeda, Toyota senantiasa berdialog dengan jalanan. Keempat dan elemen terpenting adalah pengendara. Di sini, Toyota berpikir tentang apa yang pengendara butuhkan. Driver centric menjadi cara pikir Toyota.

“Hari ini kami membawa spirit motorsport melalui TOYOTA GAZOO Racing untuk memperkuat komitmen kami menghadirkan kendaraan yang lebih baik. GR akan memberikan pilihan line up yang lebih lengkap. Kami melihat, masyarakat Indonesia memiliki ketertarikan lebih ke model kendaraan sporty,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Line-up produk TOYOTA GAZOO Racing sebetulnya telah diperkenalkan sejak dua tahun lalu yang dimulai dari sports car GR Supra. Hingga kini, sporty car Raize GR Sport juga mendapatkan apresiasi besar dari pelanggan di Indonesia. Bahkan, sports car GR Yaris yang tersedia dalam jumlah yang terbatas juga mendapat sambutan positif dari banyak pelanggan.

“Bahkan pada Toyota GR Yaris, kami mencatatkan permintaan hingga 600 unit sementara supply kami terbatas 100 unit. Begitu juga pada permintaan GR Supra. Kuota 26 unit langsung diserap pasar. Ini menjadi tren dan kesempatan bagi kami,” jelas Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Anton juga mengajak untuk mengulas ke belakang sekitar tahun ’90-2000an ketika sports car dan sporty styling memiliki animonya di masyarakat Indonesia. Namun kala itu, tren tersebut ada di mobil sedang dan hatchback. Sementara, belakangan tren ini kian meluas seiring adanya tren kendaraan SUV.

Produk sporty dari label TRD yang Toyota kerahkan sekitar tahun 2008-2009 dengan lini produk Fortuner juga menunjukkan tren positif. Menariknya lagi, jika dulu kaum adam yang suka gaya sporty dan ketangguhan, kini tidak sedikit perempuan yang melihat sporty sebagai style yang cantik.

“Setahun terakhir ini, sporty grade di masing-masing model Toyota rata-rata menyerap 70% permintaan, seperti TRD dan GR Raize yang mendominasi 70% pilihan konsumen dibanding varian lainnya. Banyak dari konsumen mencari sporty styling dan fitur yang lebih lengkap,” lanjut Anton.

Menangkap tren tersebut, TAM kini memperluas lini produk TOYOTA GAZOO Racing mereka menjadi delapan produk, yakni Toyota Supra GR, GR Yaris, Raize GR Sport, Rush GR Sport, Veloz GR Limited, Agya GR Sport
Fortuner GR Sport, dan Yaris GR Sport.

“Tidak hanya style, sentuhan sporty ini juga akan kami hadirkan ke performa kendaraan. Kami juga sedang menjajaki untuk menghadirkan suku cadang sport, seperti engine tuning, muffler khusus ke sgemen petrol head dan car mania. Lebih dari itu, kami berencana menghadirkan berbagai aksesori dan merchandise GR Sport,” tutup Anton.

MARKETEERS X








To Top