Tren Belanja Live Streaming Masih Ampuh, Berikut Hasil Surveinya

marketeers article
Tren Belanja Live Streaming Masih Ampuh, Berikut Hasil Surveinya. (IPSOS)

Tren belanja melalui live streaming masih menjadi magnet utama, makin diminati oleh masyarakat. Fitur ini memungkinkan para pemain e-commerce, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada untuk bersaing menghadirkan pengalaman terbaik bagi konsumen.

Fitur ini memberikan dampak signifikan bagi bisnis brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM). Survei IPSOS tahun 2023, berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual,” menunjukkan situasi pasar digital pada kuartal ketiga 2023.

BACA JUGA: Jadwal dan Link Live Streaming Piala Asia 2023: Indonesia vs Irak

Survei ini melibatkan brand lokal dan UMKM yang memanfaatkan fitur live streaming di marketplace melalui IPSOS Online Panel. Berdasarkan survei tersebut, Shopee Live adalah pilihan utama bagi brand lokal dan UKM.

Survei ini menunjukkan Shopee Live menempati posisi teratas dalam berbagai indikator, seperti fitur live streaming yang paling diingat (Top of Mind – TOM) dengan 77%, dan fitur live streaming yang paling sering digunakan (Brand Used Most Often – BUMO) dengan 72%.

BACA JUGA: Keseruan Marsha dan Muthe JKT48 saat Pandu Sesi Live Streaming di Shopee Live

Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia mengatakan pada akhir tahun 2023, Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini, e-commerce diwarnai perubahan signifikan dan tantangan dinamis.

“Jika Shopee terus mempertahankan manfaat fitur ini, Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UKM,” kata Andi dalam laporannya, Minggu (9/6/2024).

Tren live streaming terus menunjukkan perkembangan signifikan, memengaruhi lanskap persaingan bisnis dan industri e-commerce. IPSOS menilai fenomena ini menarik untuk dibahas lebih lanjut.

Tren ini juga mengundang pertanyaan mengenai e-commerce mana yang fitur live streaming-nya memberikan hasil terbaik bagi penjual dalam hal omzet dan interaksi dengan konsumen. Shopee Live menjadi pilihan utama karena layanan interaktifnya yang unggul. 

Menurut survei IPSOS akhir 2023, 67% brand lokal dan UKM mengakui bahwa Shopee Live menyediakan layanan terbaik, jauh di atas TikTok Live (25%). Shopee Live juga dianggap memiliki fitur interaktif terbaik dengan 63%, diikuti oleh TikTok Live (25%).

Keunggulan live streaming juga terlihat dari kontribusinya terhadap omzet. Lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (67%) melaporkan bahwa Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar. 

Shopee Live juga dinilai memberikan keuntungan terbaik (67%), mengungguli TikTok Live (26%). Survei IPSOS akhir 2023 menunjukkan Shopee Live membantu brand lokal dan UKM bertumbuh dengan persentase 64%, di atas TikTok Live (27%). 

Shopee Live juga unggul dalam memberikan edukasi kepada penjual dengan 65% responden menilai program edukasinya bermanfaat.

“Dapat disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi platform live streaming pilihan utama brand lokal dan UKM. Shopee Live memenuhi berbagai aspek penting bagi penjual dalam mengembangkan bisnis mereka,” ujar Andi.

Meskipun kebiasaan belanja masyarakat Indonesia bergeser, Shopee Live terus berinovasi untuk memberikan penawaran terbaik bagi brand lokal dan UKM. Jika inovasi ini berlanjut, Shopee Live diyakini akan mempertahankan posisinya sebagai platform live shopping pilihan utama, memberikan peluang besar bagi brand lokal dan UKM.

Tren belanja live streaming ini diprediksi terus berkembang dan menjadi pusat perhatian di antara platform e-commerce di Indonesia.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related