Tren Transaksi Digital DANA dan Bukalapak Meningkat Tahun Ini

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
25 November 2021
marketeers article
Transaksi digital kini semakin menjadi pilihan di tengah gaya hidup konsumen Indonesia. Pertumbuhannya pun positif jika dilihat dari jumlah pengguna platform digital dan nilai transaksinya. Hal ini pun meningkatkan optimisme bagi perkembangan industri digital ke depannya serta upaya pemulihan ekonomi nasional.
DANA dan Bukalapak yang menjadi bagian dari ekosistem digital ini pun mencatat tren transaksi yang menguat dari platform mereka. Sepanjang tiga kuartal di tahun 2021, Bukalapak merangkum adanya pertumbuhan yang signifikan hingga delapan kali lipat pada transaksi menggunakan QRIS serta peningkatan tiga kali lipat untuk penambahan saldo e-money DANA di mitra Bukalapak.
“Bertumbuhnya tren transaksi digital mengindikasikan meningkatnya penetrasi ekonomi digital. Selain itu, ini juga menunjukkan semakin terbukanya masyarakat untuk menggunakan layanan-layanan digital termasuk dompet digital dan online commerce,” jelas Chief Marketing Officer DANA Monita Moerdani.
Sejalan dengan peningkatan tren transaksi digital, keterlibatan DANA dalam kampanye 11.11 tahun ini juga ikut mendorong tingkat adopsi digital dan belanja pengguna. DANA mencatat pertumbuhan signifikan pada beberapa fitur seperti Kirim Uang, pembayaran Pulsa, pembelanjaan melalui Bukalapak, pembayaran tagihan atau Biller, serta pembelian melalui Google Play.
Lonjakan transaksi juga dirasakan dalam beberapa aspek jika membandingkan performa Harbolnas tahun 2021 dengan tahun lalu. DANA mencatat jumlah transaksi yang meningkat hingga 269% dengan rata-rata pengguna transaksi harian yang bertambah hingga 233%.
Melihat tren transaksi digital di setiap tahunnya, DANA dan Bukalapak optimistis akan keberlangsungan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Keduanya berkomitmen untuk membantu digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) serta menciptakan inklusi keuangan digital lewat inovasi serta kolaborasi.

Related