Jadi Tuan Rumah MyBTStory, Kota Kasablanka Tak Targetkan Kenaikan Pengunjung

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
14 Juni 2022
marketeers article
Penggemar BTS berpose di depan instalasi MyBTStory, Kota Kasablanka. | Foto: Clara Ermaningtiastuti (Marketeers)
Kota Kasablanka resmi menjadi tuan rumah untuk kampanye MyBTStory. Beberapa hari terakhir, antrean untuk berfoto atau mengambil video di depan instalasi logo boyband BTS asal Korea Selatan itu terus mengular.
Setiap harinya, lebih dari 100 Army rela menunggu giliran untuk ikut merayakan peluncuran lagu anyar, “Yet to Come” yang rilis pada 10 Juni lalu. Kampanye ini merupakan kolaborasi BTS dengan YouTube Shorts.
Kampanye itu berlangsung mulai 9 Juni sampai 9 Juli mendatang. Karena itu, para Army diajak mengunggah video di YouTube Shorts dengan latar logo raksasa BTS bertuliskan MyBTStory yang telah diletakkan di empat lokasi di dunia. Nah, salah satunya di Kota Kasablanka.
Menariknya, Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia yang masuk ke dalam list keempat lokasi tersebut. “Instalasi ini akan ada sampai Kamis (16/06/2022). Ini merupakan hasil kolaborasi antara Kota Kasablanka dengan Google,” kata Agung Gunawan, Senior Promotion Manager Mal Kota Kasablanka saat dihubungi Marketeers, Senin (13/06/2022).
Uniknya, ini bukan kali pertama Kota Kasablanka memiliki kaitan dengan BTS. Dalam sejarahnya, mal yang terletak di Jakarta Selatan tersebut merupakan tempat pertama BTS bertemu dengan Army Indonesia.
Pada tahun 2015, Kota Kasablanka ditunjuk sebagai venue jumpa penggemar yang sekaligus mini showcase BTS. Mengenai kolaborasi dengan Google atau YouTube Shorts ini, Agung menuturkan pihak mal tidak menargetkan peningkatan jumlah pengunjung lewat kehadiran instalasi #MyBTStory.
“Kota Kasablanka tidak punya target pengunjung. Kami cukup berbangga karena menjadi satu-satunya negara tuan rumah di Asia bagi instalasi logo BTS untuk kampanye #MyBTStory,” ucapnya.
Sementara itu, tiga lokasi instalasi logo lainnya, yaitu Santa Monica Pier (Amerika Serikat), Bryant Park New York (Amerika Serikat), dan Bayside Marketplace Miami (Florida).
Datang dari Berbagai Daerah
Bukan hanya Army yang berdomisili Jakarta yang ingin ikut mengunggah keseruan berfoto atau mengambil video dengan latar logo BTS ini. Sejumlah orang rela datang dari luar kota.
“Saya datang dari Bekasi. Teman-teman saya ini dari Bogor,” ujar Win, salah satu Army yang sedang mengantre saat ditemui Marketeers, Selasa (14/06/2022).
Bagi Win dan teman-temannya, kehadiran instalasi logo BTS ini merupakan suatu kebanggaan. Pasalnya, selain di Amerika Serikat, kampanye ini menyambangi Indonesia sebagai satu-satunya negara perwakilan Asia.
Saat ditanya dari mana mengetahui kehadiran instalasi ini, Win melihat sejumlah unggahan Army lainnya di berbagai media sosial. Sejak dipasang 10 Juni lalu, banyak Army berdatangan ke Kota Kasablanka. 
Tidak tanggung-tanggung, untuk menciptakan konten yang menarik dan memorable, mereka sampai membawa lightstick BTS sebagai properti hingga balon-balon. Bagaimana Marketeers? Tertarik untuk mengambil foto kalian di instalasi ini?
Editor: Ranto Rajagukguk

Related