Automotive

Tujuh Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas kerap menjadi alternatif masyarakat ketika ingin menghindari pembelian mobil secara kredit. Di sisi lain, tidak sedikit pula konsumen yang mencari mobil jenis tertentu yang hanya tersedia dalam kondisi bekas pakai.

Lagipula, masih banyak mobil bekas yang dijual dengan kondisi yang bahkan hampir seperti baru. Karena bisa jadi, pemilik mobil sebelumnya sedang membutuhkan uang atau mungkin akan pindah ke luar kota dalam waktu dekat.

Sama seperti hendak membeli mobil baru. Dalam membeli mobil bekas, konsumen juga harus memerhatikan beberapa hal.

“Untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas, Anda tidak boleh terburu-buru menentukan pilihan. Ini penting supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari” ucap Helda Sihombing, Content manager OTOKlix.

Helda pun membagikan tujuh tips yang perlu diperhatikan saat ingin membeli mobil bekas.

  1. Pastikan Seluruh Dokumen Lengkap

Hal utama yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas tentunya adalah mengecek kelengkapan dan kesesuaian seluruh dokumen yang berkaitan dengan mobil tersebut. Telitilah dengan cermat saat memeriksa BPKB, STNK, serta Faktur pembelian mobil. Periksa apakah nomor mesin dan nomor rangka sudah sesuai dengan yang tertera pada dokumen.

  1. Periksa Catatan Service Mobil

Melalui catatan servis, Anda bisa mengetahui apakah pemilik mobil sebelumnya melakukan perawatan mobil secara rutin atau tidak. Di catatan itu juga Anda bisa mengetahui di bengkel mana mobil tersebut biasanya diservis. Karena itu, melihat catatan servis secara detail juga merupakan hal yang perlu dilakukan saat membeli mobil bekas.

  1. Mengecek Kondisi Mesin Mobil

Pada umumnya, mesin mobil yang sehat ditandai dengan suara yang halus dan tidak kasar, serta tidak ada bunyi lainnya yang tidak normal ketika mesin dinyalakan. Pastikan juga starter mobil tidak sulit untuk dihidupkan. Selain itu, periksalah seluruh bagian komponen mobil untuk memastikan tidak ada yang bocor ataupun rusak.

“Alangkah lebih baik lagi apabila pengguna bisa melakukan test drive di jalan bersama penjual mobil karena kualitas dan kenyamanan penggunaan mobil tersebut dapat lebih terasa. Dan sebaliknya, masalah pada mesin juga dapat diketahui ketika mobil dikendarai secara langsung,” jelas Helda.

  1. Memeriksa Eksterior Mobil dengan Teliti

Supaya tidak menyesal saat mobil sudah dibawa pulang, inilah yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Anda perlu mengetahui sejak awal apakah ada bagian mobil yang sudah tidak orisinal, atau ada bekas benturan dan gesekan yang merupakan indikasi bahwa mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan. Eksterior mobil yang bisa Anda cek meliputi kaca mobil, spion, kap mesin, pintu, struktur rangka mobil, hingga cat mobil.

  1. Pastikan Aksesoris Mobil dan bagian Interior Mobil Dalam Kondisi Baik

Lihatlah bagian interior mobil secara keseluruhan dan tes satu per satu apakah masih berfungsi normal, antara lain seperti AC, switch lampu, sistem audio, juga sabuk pengaman.

Kemudian, Anda juga bisa menduduki langsung mobil tersebut untuk memastikan kondisi jok depan dan jok belakang sesuai dengan yang Anda harapkan. Begitu juga dengan bagian plafon, dashboard, dan karpet mobil. Nah, apabila interior mobil memiliki aroma seperti bau apek, ini bisa jadi menunjukkan bahwa mobil pernah terkena banjir.

  1. Jangan Langsung Tergiur dengan Harga Murah

Walau beberapa orang menjual mobil dengan sangat murah karena kebutuhan uang yang mendesak, Anda tetap harus berhati-hati dan mengingat semua yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa ada juga mobil yang dijual murah karena mobil bekas tersebut telah mengalami kecelakaan atau pernah terendam banjir. Dan hal ini tentunya berpengaruh besar terhadap performa mobil ke depannya,” tegas Helda.

  1. Membawa Mekanik Ketika Akan Membeli Mobil Bekas

Tidak ada salahnya jika Anda membawa teman yang lebih paham mengenai seluk beluk mesin mobil atau bahkan membayar jasa mekanik mobil untuk membantumu mengecek kondisi mobil.

Dengan adanya teman yang sudah berpengalaman dalam mengecek mobil bekas, Anda bisa mendapat masukan dan bahan pertimbangan yang lebih detail lagi sebelum melakukan transaksi jual beli.

Jangan segan untuk meminta bantuan dari kenalan terdekat atau terlalu percaya diri yang bisa menyebabkan Anda menyesal di kemudian hari karena menemukan kekurangan pada mobil tersebut yang sebelumnya luput dari pemeriksaan.

Nah, ketika mobil sudah didapatkan, lebih baik lagi jika mobil tersebut Anda service terlebih dulu sebelum digunakan untuk kegiatan sehari-hari, terutama mengganti oli yang bisa jadi sudah lama mengendap di mesin mobil.

“Memilih bengkel ganti oli sekaligus perawatan mobil bekas, bisa Anda lakukan melalui ponsel lho! Ketik https://otoklix.com atau instal aplikasi Otoklix di Android maupun iOS. Anda akan menemukan ribuan bengkel umum pilihan dengan kualitas pelayanan setara bengkel resmi. Jangan khawatir mengenai biaya, karena di Otoklix Anda bisa memilih bengkel yang menawarkan harga sesuai dengan budget,” tutup Helda.

The Latest

To Top