Tunaiku Telah Salurkan Total Pinjaman Hingga Rp 4,7 Triliun

profile photo reporter Ramadhan Triwijanarko
RamadhanTriwijanarko
15 Desember 2020
marketeers article
Berdasarkan hasil riset yang bertajuk Fulfilling its Promise – The Future of Southeast Asia’s Digital Financial Services, sebanyak 92 juta jiwa penduduk dewasa di Indonesia belum tersentuh layanan finansial atau perbankan. Jumlah tersebut lebih dari separuh total penduduk dewasa yang mencapai 181 juta jiwa.
Di sisi lain, indeks inklusi keuangan Indonesia saat ini masih di kisaran 76% dari total 267 juta penduduk. Sekitar 35,5% penduduk masih menggunakan layanan keuangan informal.
Amar Bank menegaskan komitmen untuk menjangkau masyarakat yang belum tersentuh institusi keuangan formal melalui layanan berbasis digital Tunaiku. Amar Bank menargetkan untuk menyasar 200 juta unbanked people pada 2025.
Saat ini aplikasi Tunaiku telah dimanfaatkan oleh hampir 400 ribu masyarakat di Indonesia, dengan total pembiayaan yang telah tersalurkan mencapai Rp 4,7 triliun.
Menurut Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian, Tunaiku dirancang untuk melayani dan menjangkau masyarakat yang belum atau kurang terlayani layanan perbankan terutama di daerah-daerah yang sulit mendapatkan layanan keuangan formal dan konvensional.
“Kami memahami bahwa masih ada gap antara masyarakat yang sudah mendapat layanan keuangan formal dan yang belum menikmati layanan tersebut, terutama daerah- daerah di luar pulau Jawa,” kata Vishal.
Sejauh ini, layanan keuangan digital Tunaiku telah membantu ragam kebutuhan masyarakat di luar Pulau Jawa, antara lain untuk modal usaha sebesar 22,49%, renovasi rumah sebanyak 31,39%, dan biaya pendidikan sebesar 11,59%. Persentase profil nasabah perempuan mencapai hingga 54,71% dan laki-laki hingga 45,39%. Sementara itu, Palembang menjadi kota diluar Jawa dengan profil wirausahawan terbanyak.
Vishal menjelaskan kalau teknologi dan transformasi digital perbankan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia. Pemanfaatan produk digital menjadi penting untuk menghadirkan layanan keuangan yang dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat hingga ke pelosok.
“Kedepannya, kami akan memanfaatkan produk inovasi terbaru Senyumku, aplikasi perbankan berbasis AI (Artificial Intelligence) dari Amar Bank, yang diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih optimal bagi masyarakat,” tutup Vishal.

Related