Lifestyle & Entertainment

#TweetYourMusic, Cara Twitter Rayakan Hari Musik Sedunia

SUMBER: 123RF

Twitter telah menjadi tempat terbentuk dan berkembangnya banyak komunitas. Komunitas pecinta musik menjadi salah satu komunitas yang hadir di Twitter. Tidak memandang genre, para penggemar musik memanfaatkan platform media sosial ini untuk berbagi informasi tentang musisi kesukaannya.

Memahami besarnya komunitas musik di platformnya, Twitter meluncurkan kampanye #TweetYourMusic. Kampanye ini sekaligus menjadi bagian dari perayaan Hari Musik Sedunia yang jatuh pada Senin (21/06/2021). Bersama dengan tagar ini, Twitter ingin memberikan apresiasi kepada musisi lokal di kawasan Asia Tenggara.

“Kampanye ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi perjalanan karier musisi dan para penggemar yang senantiasa mendukung mereka selama ini,” tulis Twitter pada blog resmi mereka.

Di Indonesia, Twitter mengajak musisi dan para penggemar musik untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dihadirkan melalui akun resmi @TwitterID. Twitter juga menyiapkan penampilan langsung sejumlah musisi lokal serta sesi diskusi seputar musik melalui fitur Twitter Spaces.

Sumber: Twitter Indonesia

Kampanye ini juga menunjukkan besarnya kekuatan media sosial dalam membentuk sebuah komunitas yang tidak hanya membantu musisi untuk mempromosikan musik. Twitter juga telah membantu penggemar musik untuk saling berbagi informasi seputar musik.

Musisi lokal hingga internasional menjadikan Twitter sebagai tempat untuk berbagi karya dan terhubung dengan penggemar mereka. Bahkan, percakapan mengenai ‘musik lokal’ atau ‘DJ lokal’ di kawasan Asia Tenggara meningkat hingga 65% secara year-on-year pada periode Januari-Mei 2020 dan Januari-Mei 2021.

Data tersebut menunjukkan bahwa musik telah menjadi bagian dari percakapan sehari-hari di Twitter. Pemanfaatan Twitter untuk komunitas musik seakan makin lengkap dengan kehadiran fitur-fitur seperti Fleet dan Spaces yang memperkaya pengalaman para pengguna.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top