Lifestyle & Entertainment

Twitter: Ada Dua Miliar Tweet Soal Gaming di Tahun 2020

Sumber: 123RF

Di masa pandemi, gaming menjadi aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Twitter mencatat sepanjang tahun 2020, ada lebih dari dua miliar cuitan (tweet) tentang gaming.

Angka ini meningkat 75% dibandingkan tahun 2019. Di Indonesia sendiri, pembicaraan tentang gaming naik 67%. Sementara itu tren ini juga diikuti dengan kenaikan unique author yang mencuit tentang gaming hingga 49%.

Sumber: Twitter

Twitter menjadi platform yang dipilih gamers untuk tetap terkoneksi satu sama lain. Dalam pembicaraan ini, Twitter mencatat kebanyakan cuitan berbagi mengenai informasi terbaru di dunia gaming, eSports, dan kreator gaming. Obrolan juga melibatkan beberapa perangkat dan judul game seperti PlayStation, Xbox, Fortnite, Call of Duty, Minecraft, dan Animal Crossing. Beberapa pengguna mengobrol mengenai momen dan tips gaming.

Popularitas gaming yang meningkat pada tahun 2020 mendorong Twitter untuk melihat tren ini lebih lanjut. Dari data yang dikumpulkan, Twitter melihat Indonesia sebagai potensi video gaming yang besar. Dari banyak jenis online game yang ada, pengguna Twitter di Indonesia banyak membicarakan tentang PUBG, Among Us, dan Genshin Impact.

Sumber: Twitter

Uniknya, gamers Indonesia tidak hanya memainkan video game-nya, tapi juga mengikuti tren update tentang dunia gaming. Seperti menyaksikan dan membicarakan acara gaming. Sebut saja The 2020 Game Awards, The Future of Gaming on PS5 Event, Tokyo Game Show 2020, PAX East 2020, dan Ubisoft Forward 2020.

Tidak berhenti di judul game dan acara game, peningkatan pembicaraan tentang gaming di Indonesia juga mendorong peningkatan popularitas tim eSports. Tim eSports yang paling banyak dibicarakan pengguna Twitter Indonesia adalah Team Secret, diikui dengan OG dan Gen.G Esports. Pembicaraan pengguna Twitter tentang eSports sendiri meningkat 14% secara global dibandingkan tahun 2019.

Sumber: Twitter

Melalui pernyataannya kepada Marketeers, Twitter yakin pembicaraan tetang gaming akan terus berlanjut. Menyusul hadirnya konsol-konsol generasi baru dan game baru.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top