UKM Perlu Tahu, Ini 5 Cara Raih Omzet Besar di Tokopedia

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
07 Juni 2022
marketeers article
UKM di Tokopedia dapat memanfaatkan sejumlah fitur untuk meningkatkan omzet.
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengambil porsi besar dalam peran menopang perekonomian Indonesia. Data  Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menunjukkan, 97% lapangan pekerjaan datang dari sektor tersebut.
Oleh karena itu, ketika sektor UKM mengalami kesulitan karena pandemi, bisa dibilang perekonomian Tanah Air juga menghadapi persoalan serupa. Dengan situasi ekonomi yang kian positif, kondisi UKM pun juga terus membaik.
Setelah digempur banyak kesulitan bahkan ancaman gulung tikar, banyak pelaku UKM membutuhkan strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan omzet.
Tokopedia sebagai salah satu e-commerce yang menaungi jutaan UKM pun membagikan lima cara untuk mempertahankan hingga meningkatkan omzet, khususnya lewat berbagai fitur di Tokopedia.
Evaluasi dan Analisis Pasar
Cara ini bisa dilakukan melalui fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller. Fitur ini bisa membantu penjual mempelajari berbagai data. Contohnya pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan, dan berbagai data penting lainnya untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan.
Manfaatkan Fitur Iklan Otomatis
Bagaimana Anda mempromosikan produk Anda? Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah beriklan. Namun, Anda membutuhkan biaya lain jika menggunakan jasa dari agensi iklan atau influencer.
Menyadari peran penting iklan bagi para pelaku UKM memasarkan produknya, Tokopedia pun menghadirkan fitur TopAds. Ini merupakan wadah bagi penjual untuk memamerkan produknya di halaman teratas Tokopedia. Harapannya, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan tanpa biaya tambahan.
Pertajam Strategi Promo
Satu lagi cara yang bisa menarik minat pembeli adalah potongan harga atau penjual dapat mengemasnya dengan bundling produk. 
“Penjual juga dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman,” kata Edwin Mailoa, Vice President of Logistics Tokopedia.
Manfaatkan Gudang Pintar
Pelaku UKM dapat menitipkan produknya di gudang-gudang pintar “Dilayani Tokopedia” yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas.
“Dilayani Tokopedia membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, hingga penanganan jika ada kendala transaksi. Dengan begitu, pegiat UKM dapat lebih fokus terhadap pengembangan usaha,” kata Samuel Simanjuntak, Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia.
Pilih Pengiriman yang Sesuai
Di Tokopedia, ada tiga jenis layanan pengiriman yang didukung sejumlah mitra strategis mereka. Dengan demikian penjual punya opsi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis mereka. Masing-masing, yaitu Layanan Dijemput Kurir, Layanan Antar ke Kantor Agen, serta Layanan Airway Bill Otomatis dan Nontunai.
Dengan memanfaatkan sejumlah layanan dan fitur di atas, pelaku UKM diharapkan mampu memperkuat bisnis mereka. Dengan demikian sektor tersebut ke depannya terus mempertahankan serta meningkatkan omzetnya.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related